Kebersihan mobil memanglah kunci kenyamanan sebuah mobil. Mobil yang kotor dan bau akan membuat penumpangnya merasa tidak nyaman saat di dalam mobil. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan mobil Anda. Salah satunya karpet kabin, tidak jarang bagian ini mudah sekali kotor karena tempatnya dibawah pijakan kaki. Karpet kabin yang kotor akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil, apalagi karpet yang basah bisa mengakibatkan lembab dan bau yang tidak sedap.

Jika karpet kabin mobil Anda basah, sebaiknya segera dijemur di bawah sinar matahari atau keringkan menggunakan hair dryer. Pastikan karpet benar benar kering saat diangkat untuk menghindari udara lembab di dalam mobil. Selain karpet yang basah, karpet berdebu juga harus Anda hindari. Karpet yang berdebu dapat mengganggu sistem pernafasan dan ketidaknyamanan penumpang. Sering kali kebersihan karpet mobil di abaikan karena tempatnya dibawah pijakan kaki. Namun ternyata penting sekali untuk menjaga kebersihannya. Berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan karpet mobil. Yuk simak!

1. Sediakan Tempat Sampah 
Anda bisa menyediakan tempat sampah kecil khusus untuk di mobil Anda. Hal ini untuk menghindari sampah sampah yang berserakan di dalam mobil. Jika sampah berserakan pastinya akan jatuh di karpet kabin dan membuat karpet menjadi kotor dan berdebu. Oleh karena itu sediakan tempat sampah di mobil Anda untuk membuang sampah-sampah di mobil seperti sisa snack makanan dan minuman.

2. Jangan Biarkan Alas Kaki Kotor Masuk
Karpet kabin sering kali kotor akibat Anda sendiri. Alas kaki seperti sepatu atau sendal yang kotor dan berlumpur adalah penyebab paling umum kekotoran karpet. Maka dari itu, pastikan alas kaki Anda bersih dan tidak basah saat memasuki mobil, agar mobil tetap bersih dan nyaman.

3. Jangan Membersihkannya di Dalam Mobil
Jika karpet kabin mobil Anda berdebu, jangan sesekali membersihkannya di dalam mobil. Jangan biarkan debu-debu itu malah berterbangan dan memenuhi mobil Anda. Angkat dan keluarkan karpet dari mobil lalu bersihkanlah di luar mobil agar debu-debu kecil tidak berterbangan dan menyebar di dalam mobil. Karna dengan begitu sistem pernafasan Anda tidak akan terganggu.

4. Cuci Karpet Secara Rutin
Anda harus mencuci karpet kabin secara rutin. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Cuci karpet yang berbahan karet elastis menggunakan deterjen, sikat sedikit, lalu bilas, dan keringkan. Pastikan karpet benar benar kering sebelum dimasukkan kembali ke mobil agar tidak mengakibatkan kelembapan.

5. Sedot Debu
Setelah dikeringkan, Anda bisa menyedot debu-debu yang tersisa menggunakan vacuum cleaner agar semakin maksimal. Sedot debu pada bagian karpet, jok, dan sela sela jok. Hal ini untuk menyedot debu-debu yang tersisa di dalam mobil. 

Baca Juga, Tips Membersihkan Karpet Mobil Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here