Aki yang sudah habis daya adalah salah satu penyebab paling umum mobil tidak dapat dihidupkan, jadi bagaimana cara Anda menjaganya agar tetap dalam kondisi prima, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya aki, dan apa metode terbaik untuk mengisi ulang daya aki. Berikut ini beberapa penjelasan tentang aki dan berapa lama waktu yang di butuhkan untuk mengisi daya aki yang sudah Otodiva.com kutip dari Adrianflux. Yuk, kita simak!

Penyebab aki kehabisan day
Aki yang kehabisan daya dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti lampu yang dibiarkan menyala, sesuatu dalam sistem kelistrikan yang menyebabkan daya terkuras, atau bahkan aki yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menahan dayanya. Korosi dan cuaca dingin dan keausan umum juga dapat menyebabkan aki Anda mengalami kegagalan fungsi, yang berarti sudah waktunya untuk membeli yang baru, atau mengisi ulang daya.

Waktu yang di butuhkan untuk mengisi daya
Diperlukan waktu antara satu jam sampai satu hari untuk mengisi aki mobil yang kehabisan daya, tergantung pada jenis aki yang dimiliki mobil Anda, dan mode pengisian yang Anda pilih. Aki mobil biasanya memiliki daya 48 ampere, sehingga akan memakan waktu sekitar 12 jam untuk mencapai daya penuh aki menggunakan pengisi daya 12 volt. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk kendaraan listrik untuk mengisi hingga 80%.

Beberapa hal yang perlu di perhatika
Mengisi aki mobil biasa dengan kekuatan charge sekitar 4-8 ampere akan memakan waktu sekitar 10-24 jam untuk mengisinya hingga penuh. Untuk memberikan aki mobil Anda daya yang cukup agar dapat menghidupkan mesin maka akan membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam. Cara terbaik untuk mempertahankan umur panjang aki mobil adalah dengan mengisi ulang secara perlahan. Anda dapat memungkinkan untuk mengisi ulang aki secara lebih cepat, tetapi ini dapat merusak kinerja jangka panjangnya. Lamanya waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang aki mobil Anda saat mesin sedang menyala tergantung pada siklus penggunaan mobil, alat elektronik apa yang Anda gunakan, dan waktu pengisian awal. Cara terbaik untuk mengisi ulang aki mobil adalah dengan membiarkan mobil dalam keadaan mati dengan semua item listrik lainnya seperti radio, AC, lampu, dll dimatikan.

Itulah beberapa penjelasan dan berapa lama waktu yang di butuhkan untuk mengisi daya aki mobil.

Baca Juga, Langkah Mudah Mengisi Daya Aki Sepeda Motor Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here