Apakah Anda membeli mobil dengan penuh sticker?Stiker mobil atau stiker vinil dapat dilepas dengan aplikasi panas atau bahan kimia yang melarutkan perekat. Gunakan metode apa pun yang paling nyaman bagi Anda dan kendaraan Anda. Berikut beberapa tipsnya yang dikutip oleh Otodiva.com dari Oards.com. Yuk simak!

Menghapus Stiker Dengan Panas
Metode ini cukup berpengaruh seperti menggunakan pengering rambut, heat gun, clothes streamer, atau air mendidih dapat digunakan untuk memecah perekat yang menahan stiker bemper atau stiker jendela pada tempatnya.

Langkah pertama adalah selalu membersihkan permukaan. Penting untuk terlebih dahulu mencuci area di sekitar stiker dengan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran di permukaan. Ini akan meningkatkan efektivitas panas pada stiker dan menurunkan kemungkinan serpihan menggores cat kendaraan selama pelepasan stiker. Nah, berikut alat-alat untuk membantu Anda memanaskan stiker agar mudah lepas, diantaranya yaitu:

1. Pengering rambut (Hair dryer)
Ambil kabel ekstensi untuk menggunakan pengering rambut (hair dryer) dengan mudah. Nyalakan pada kecepatan paling besar dan mulai dari tengah stiker, pegang sekitar 15 cm dari tengah stiker. Pindahkan terus menerus agar tidak merusak cat atau plastik. Setelah sekitar satu menit, tepi stiker akan mulai terangkat sedikit

2. Heat Gun
Pistol panas atau heat gun juga berfungsi dengan baik untuk melarutkan perekat stiker. Ini jauh lebih kuat daripada pengering rambut, jadi gunakan lebih hati-hati jika Anda mengikuti rute ini. Pegang senapan panas sekitar 1 kaki (30 cm) dari stiker dan biarkan di satu area saja selama 1 hingga 3 detik. Lanjutkan pemanasan sampai stiker mulai terlihat sedikit berbuih.

3. Clothes Streamer
Anda dapat gunakan ini seperti yang Anda lakukan pada pengering rambut atau hair dryer. Pegang sekitar 15 cm dari jarak sekitar 6 inci dan gerakkan hingga tepi stiker mulai terangkat.

4. Air mendidih
Tuang perlahan sekitar 2 hingga 3 gelas air mendidih ke seluruh area stiker, baik bagian tepi maupun tengahnya. Setelah menggunakan metode panas yang Anda pilih untuk mengendurkan perekat, coba angkat stiker dengan pengikis plastik seperti kartu kredit lama atau pisau dempul plastik.  

Jika stiker robek atau ada bagian yang tersangkut, panaskan lagi dan kikis lagi. Jika ada residu yang tersisa setelah stiker dilepas, gunakan semprotan detail atau alkohol gosok pada kain mikrofiber yang lembut untuk menghilangkannya

5. Pelarut Kimia
Pertama, mulailah dengan membersihkan stiker dan area di sekitarnya dengan sabun dan air. Ini membantu solusi untuk menembus stiker dan mengurangi kemungkinan puing-puing menggores cat.

6. Cuka putih
Ini adalah pilihan bagus yang aman untuk Anda dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Basahi stiker dengan cuka putih dan diamkan selama 3 hingga 5 menit, atau sampai tepinya mulai mengelupas.

Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan membasahi spons atau handuk kecil dengan cuka dan meletakkannya di seluruh stiker.

7. Aseton (Hanya untuk Stiker Jendela)
Penghapus cat kuku dengan aseton bisa menjadi cara yang bagus untuk melarutkan perekat pada stiker jendela dengan cepat. Berhati-hatilah, karena bahan ini akan benar-benar melarutkan cat pada mobil.

Jika stiker Anda ada di bagian luar, jangan terlalu khawatir tentang warna jendela Anda. Tint hampir selalu diterapkan pada interior kendaraan. Pisau cukur atau pisau utilitas adalah beberapa pilihan efektif lainnya yang hanya dapat digunakan pada kaca, karena akan menggores cat kendaraan.

Setelah stiker benar-benar kendur dan larut dengan larutan pilihan Anda, gunakan pengikis plastik seperti pisau dempul atau alat pelepas trim untuk mengangkat stiker dengan hati-hati. Ini mungkin terlepas, jadi terapkan lebih banyak solusi sesuai kebutuhan. Anda mungkin dapat menggunakan kuku untuk membantu mengangkat sudut juga.

Itu dia beberapa tipsnya untuk Anda yang mungkin memiliki masalah dalam melepas sticker di mobil Anda.

Baca Juga, Ini Dia Dampak Melapisi Stiker Pada Headlamp Motor!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here