Aki merupakan salah satu sumber daya yang di butuhkan untuk menghidupakan mesin kendaraan. Aki mobil bisa bertahan sekitar 3 sampai 6 tahun. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mengurangi masa pakai aki mobil tersebut. Inilah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan aki mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari Green Towing. Yuk, simak!

Suhu dan iklim
Pertama adalah suhu dan kondisi iklim. Di iklim yang lebih dingin, aki mobil cenderung bertahan lebih lama daripada di iklim tropis yang panas. Ini karena baterai lebih aktif secara kimiawi dan bekerja lebih keras saat panas. Juga, jika di bawah panas yang ekstrim, cairan di dalam aki mobil juga akan menguap. Pada tingkat cairan yang lebih rendah, ada kemungkinan kerusakan pada struktur internal aki mobil dapat terjadi.

Sistem pengisian daya yang buru
Sistem pengisian daya yang buruk dapat menguras baterai lebih cepat saat mobil berjalan. Jika alternator gagal memberikan tegangan yang cukup, maka akan menyebabkan aki mobil terkuras lebih cepat dari biasanya untuk memberikan daya yang lebih. Jika lampu atau radio menyala tentu saja situasinya bisa memburuk. Ketika aki mobil kehabisan daya, radio atau lampu akan gagal beroperasi, dan mobil akan mati. Mobil tidak akan bisa hidup kembali kecuali aki diisi ulang daya.

Dioda alternator rusa
Alternator dengan dioda yang rusak atau buruk dapat mengurangi kinerja baterai. Ketika dioda dalam kondisi baik, maka akan membuat arus mengalir dalam satu arah. Namun, dioda yang tidak berfungsi akan menyebabkan arus mengalir berlawanan. Jika ini terjadi, bahkan jika mesin mobil dimatikan, sirkuit pengisian tetap dapat berfungsi. Ini akan menyebabkan drainase atau pengurasan daya yang cepat pada aki mobil.

Kotoran dan korosi
Penumpukan kotoran akan menguras daya aki mobil, sedangkan korosi akan mengurangi aliran arus dan akan menyebabkan baterai menjadi rusak. Aki mobil harus sering di periksa kebersihannya agar tidak menggangu fungsinya untuk memberikan daya kepada mobil.

Kebiasaan pribadi
Sering menghidupkan dan mematikan mesin pada siklus, mesin dapat menyebabkan pengurasan daya pada aki mobil. Selain itu, kecenderungan untuk menggunakan sistem hiburan di dalam kendaraan seperti radio, stereo, dan perangkat lain akan menyebabkan aki mobil bekerja lebih banyak. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai aki, mintalah mekanik untuk memeriksa sistem kelistrikan mobil Anda dan waspada terhadap tanda-tanda peringatan. Jika aki Anda terlalu tua, gantilah agar Anda tidak menghadapi masalah di kemudian hari ketika menyebabkan mobil Anda mogok di jalan.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi aki mobil.

Baca Juga, Berapa Lama waktu Yang di Butuhkan Untuk Cas Aki Mobil? Inilah Penjelasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here