Tidak jarang bagi sebagian orang mengabaikan perawatan eksterior mobil. Nyatanya, merawat eksterior mobil sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Merawat eksterior mobil bertujuan untuk merawat mobil agar tetap awet, mengkilat, dan bagus. Maka dari itu kami akan memberikan beberapa tipsnya. Berikut tips untuk merawat eksterior mobil dengan mudah. Yuk simak!

Cuci Mobil Dengan Rutin
Tips mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci mobil Anda secara rutin. Kebersihan sebuah mobil juga menjadi kunci keawetan sebuah mobil. Disarankan untuk mencuci mobil pada pagi hari dan dalam kondisi dingin. Karena mencuci mobil dibawah paparan sinar matahari terik bisa membuat cat mobil mudah pudar.

1. Jangan gunakan deterjen saat mencuci mobil
Apakah anda termasuk orang yang mengabaikan kepentingan sabun cuci mobil atau tidak? Tidak jarang bagi sebagian orang sembarangan menggunakan jenis sabun untuk mencuci mobil. Setiap sabun tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen saat mencuci mobil karena berpengaruh terhadap cat bodi mobil. Gunakan shampoo khusus mobil yang tersedia di minimarket terdekat atau pasar. 

2. Keringkan Mobil dengan benar

Keringkan mobil sampai benar benar kering setelah dicuci. Hindari mengeringkannya menggunakan sinar matahari karena bisa menyebabkan tumbuhnya bercan-bercak di bodi mobil. Lap mobil menggunakan kanebo atau kain agar air mudah diserap dan cepat kering. Lakukan gerakan mengelap searah dari atas ke bawah.

3. Gunakan Wax agar Mengkilat
Tips untuk membuat eksterior mobil mengkilat adalah menggunakan teknik waxing. Teknik ini adalah teknik dengan cara melapisi cat mobil menggunakan bahan lilin. Dibutuhkan wax, obat poles,busa,dan kain microfiber. Ratakan wax pada bodi mobil dan pastikan bodi mobil sudah terlapisi dan dibersihkan menggunakan kain microfiber

4. Jaga Mobil dari Cuaca Ekstri
Hindari memarkir atau menjemur mobil dibawah paparan sinar matahari langsung karena bisa merusak kondisi cat bodi mobil. Disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang beratap dan menggunakan cover mobil. Apabila saat musim hujan, bilas mobil menggunakan air bersih apabila sehabis terkena hujan. Pastikan mobil dalam kondisi kering karena jika mobil dibiarkan basah terlalu lama akan membuat bodi mobil berjamur dan merusak cat mobil.

Itu dia beberapa tips merawat eksterior mobil Anda dengan mudah.

Baca Juga, Inilah Tips Mudah Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here