Anda mungkin pernah melihat berita tentang seseorang yang terjebak di dalam kendaraannya setelah kecelakaan karena mobil itu dilengkapi dengan jendela samping yang dilaminasi. Jendela yang dilaminasi hampir tidak mungkin dipecahkan dengan alat pemecah kaca biasa. Sayangnya, alat pemecah kaca biasa ini tidak berfungsi dengan jendela samping yang dilaminasi. Bahkan seorang professional mengalami kesulitan menembus jendela kaca laminasi dengan alat khusus. Sebagai perbandingan, kaca temper akan pecah hanya dalam hitungan detik saja. Berikut ini informasi tentang pemilihan kaca temper atau kaca laminasi yang sudah Otodiva.com kutip dari Glass.com. Yuk, simak!

Ketahui Kaca Mobil Anda
Mengidentifikasi apakah mobil Anda memiliki jendela samping yang dilaminasi umumnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menemukan “bug” yang berupa perangko kecil, biasanya di sudut bawah kaca. Perangko tersebut di tempel secara permanen dan mencantumkan informasi terkait tentang kaca seperti pabrikan, kode yang menggambarkan kaca, dan kata “laminasi” atau “tempered”. Cara mudah lainnya untuk mengidentifikasi, yaitu apakah kaca tersebut dilaminasi atau ditemper. Cukup turunkan jendela mobil Anda setengah dan periksa tepi atas kaca. Kaca laminasi adalah sandwich dari dua potong kaca dengan interlayer di tengah, dan layering ini biasanya dapat diamati di sepanjang tepi. Sebaliknya, pelapisan tidak akan terlihat di sepanjang tepi kaca tempered. Ini akan muncul sebagai satu bagian saja.

Manfaat Kaca Jendela Samping Laminasi
Kaca laminasi sebenarnya memiliki sejumlah keunggulan yang tidak ditawarkan oleh kaca tempered. Pertama, kaca laminasi memberikan kabin kendaraan yang lebih tenang. Interlayer polivinil bertindak sebagai isolasi dari suara luar. Bahkan ada jenis polivinil yang disebut interlayer akustik yang dirancang khusus untuk tujuan peredam kebisingan. Penambahan interlayer ini dapat membantu mengurangi kebisingan jalan, kebisingan mesin, kebisingan lalu lintas, dan kebisingan angin yang membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Manfaat Kaca Jendela Samping Temper
Kaca temper sebenarnya lebih ringan dan lebih murah daripada kaca laminasi. Penghematan berat yang dihasilkan dari pemilihan kaca temper daripada kaca laminasi dapat membantu berperan dalam mencapai efisiensi bahan bakar. Sebagai contoh, menghemat 100 pon berat sama dengan peningkatan efisiensi bahan bakar sekitar satu persen. Selain itu, kaca temper juga lebih hemat dalam hal biaya. Oleh karena itu, membeli kendaraan dengan kaca temper dapat membantu Anda menghemat biaya.

Itulah dia informasi tentang pemilihan kaca temper atau kaca laminasi.

Baca Juga, Inilah Perbedaan Kaca Laminasi & Kaca Temper Pada Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here