Ketika berbicara tentang keselamatan kendaraan, orang sering melupakan pentingnya kaca mobil yang cocok pada mobil mereka. Tidak hanya kaca kanan yang bening dan memungkinkan Anda untuk melihat jalan, tetapi kaca depan harus mampu menahan sejumlah benturan dari puing-puing dan melindungi orang-orang di dalam mobil, sedangkan kaca jendela harus lebih mudah pecah di jalan karena di berlakukan apabila terjadi kejadian darurat. Ketika berbicara tentang kaca mobil, ada dua jenis kaca yang berbeda untuk dua tujuan yang sangat berbeda. Berikut ini Perbedaan kaca laminated dan tempered pada mobil yang sudah Otodiva.com kutip dari Go Glass. Yuk, kita simak!

Kaca Laminasi
kaca laminasi pada dasarnya adalah sandwich kaca yang terdiri dari dua potong kaca yang disatukan oleh lapisan tengah polivinil. Lapisan polivinil inilah yang memberikan ketahanan. Bahkan setelah kaca pecah, ia tetap di tempatnya karena interlayer. Interlayer plastik dapat menekuk dan meregang, sehingga sulit untuk menembusnya. Mereka dianggap sebagai salah satu jenis kaca teraman karena di desain untuk tidak mudah pecah. Sebagian besar kaca depan kendaraan terbuat dari kaca laminasi. Mereka dianggap efektif untuk mencegah pembobolan karena upaya lebih yang diperlukan untuk memecahkannya.

Kaca Temper
Kaca tempered telah dipanaskan untuk menciptakan permukaan yang mengeras. Ini lebih kuat dari kaca biasa, tetapi ketika dipukul cukup keras, maka akan langsung pecah menjadi ribuan kepingan kecil. Kaca tempered jauh lebih mudah pecah daripada kaca laminasi, dan kaca ini dibuat dengan salah satu dari dua cara. Kaca dapat ditempa dengan bahan kimia, atau pemanasan khusus dan proses pendinginan yang cepat. Proses ini menghasilkan pecahan kaca yang pecah menjadi potongan-potongan kecil dengan tepi yang membulat.

Meskipun kedua jenis kaca memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dalam hal keselamatan, keduanya bekerja sama dengan memberikan fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi Anda dan keluarga atau orang yang berada di dalam mobil jika terjadi kecelakaan.

Ijadi tulah perbedaan kaca laminasi dan kaca temper pada kendaraaan Roda 4.

Baca Juga, Inilah Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Aki Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here