Setiap motor matic membutuhkan perawatan service rutin sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja penggantian oli yang sebaiknya dilakukan setiap 2.000 sampai 3.000 km. 

Ketika penggantian oli ditunda bahkan sampai berbulan-bulan maka kualitas pelumas ini menurun.

Dampaknya adalah muncul kerak di banyak komponen motor dan kinerjanya semakin berat. Masalah overheat pada mesin bisa muncul yang menjadi penyebab motor mudah mati. 

Hal tersebut baru salah satu penyebab motor matic mati mendadak yang sering dianggap sepele oleh pemilik sepeda motor. Kerusakan yang terjadi pun bisa bertambah ke banyak komponen tanpa disadari. 

Masih banyak penyebab lainnya yang juga perlu diperhatikan sehingga mampu mengubah cara menggunakan dan perawatan sepeda motor matic sebagai berikut ini. 

Tutup Tangki Bensin yang Tersumbat

Penyebab motor matic mati mendadak juga bisa dikarenakan tersumbatnya lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki. Cobalah Anda membuka tutup tangki bensin kemudian perhatikan bagian dalamnya. 

Masuknya Air pada Karburator 

Motor matic yang masih memanfaatkan karburator biasanya juga rentan untuk mudah mati mendadak khususnya pada saat musim hujan. Air hujan apalagi jika melewati kawasan banjir, akan mudah masuk ke dalam karburator dari celah tali gas. 

Biasanya karet pada tali gas sudah getas sehingga menimbulkan retakan. Air pun akan masuk dan mengalir sampai ke arah karburator. Motor akan langsung mati jika karburator terkena air. 

Tidak Menggunakan Bahan Bakar yang Benar

Kualitas bahan bakar yang buruk bisa menjadi penyebab motor matic mati mendadak. Saat ini tersedia berbagai jenis bahan bakar, hanya saja untuk mesin dapat bekerja dengan baik, Anda perlu menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. 

Bahan bakar dengan oktan rendah berpotensi untuk menimbulkan kerak karena kandungan timbalnya tinggi. Penyumbatan bisa terjadi pada klep dan karat pada tangki motor turun ke bagian selang bensin. 

Sistem Pengapian yang Mati

Motor matic yang mati mendadak sudah pasti ada masalah pada sistem pengapiannya. Tanpa adanya percikan api, maka campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar tidak akan menghasilkan tenaga. 

Ada beberapa sistem pengapian yang perlu diperhatikan yaitu CDI, busi, spul hingga koil.

Mesin motor mengalami Overheat

Masalah overheat pada motor matic tidak boleh disepelekan karena inilah penyebab motor akan cepat mati. Overheat sendiri adalah kondisi ketika gesekan pada liner boring dan piston serta sistem pembakaran terlalu tinggi. 

Hal tersebut disebabkan sirkulasi oli pada mesin tersumbat, masalahnya ada pada kualitas oli yang buruk dan menimbulkan kerak. Pelumas yang berkualitas rendah juga tidak mampu meredam panas akibat gesekan mesin dan terjadilah overheat.

Baca juga : Tips Menyewa Pengacara Untuk Kecelakaan Sepeda Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here