Sangat penting bagi semua pengendara kendaraan beroda 4 atau lebih untuk memahami dengan baik etika berkendara di jalan tol. Jalan tol atau jalan bebas hambatan sangat berbeda dengan jalan raya biasa, dan mengabaikan etika untuk melewatinya bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain.

Supaya lalu lintas di jalan tol bisa tetap lancar dan semua pengguna jalan bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, etika berkendara di jalan tol wajib untuk dipatuhi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Tidak boleh asal berhenti 

Etika yang satu ini tidak berlaku di jalan raya non-tol. Jika di luar tol, Anda bisa bebas berhenti di pinggir jalan yang tidak memiliki tanda dilarang berhenti. Tapi hal ini tidak bisa Sahabat terapkan di jalan tol. Di dalam jalan tol, Anda hanya bisa berhenti di rest area atau di bahu jalan saat ada keadaan darurat. Selain itu, akan sangat berbahaya jika Anda tiba-tiba berhenti tidak sesuai aturan.

Gunakan lajur yang sesuai

Di jalan tol, ada beberapa lajur jalan yang disediakan bagi pengguna jalan. Semua lajur ini memiliki tujuannya masing-masing. Lajur kiri untuk kendaraan yang cenderung lambat, seperti kendaraan besar dan bermuatan berat, dan lajur kanan khusus untuk mendahului. 

Sebelum mendahului kendaraan lain, jangan lupa untuk selalu memberikan tanda atau isyarat melalui lampu untuk menghindari kecelakaan.

Jaga kecepatan sesuai batas

Ini adalah satu hal lagi yang membedakan jalan tol dengan jalan biasa non-tol. Jika di jalan biasa Anda dilarang untuk memacu kendaraan terlalu cepat, di jalan tol ada batas kecepatan tersendiri yang terhitung cepat jika diaplikasikan di jalan biasa.

Batas kecepatan yang harus dipatuhi di jalan tol adalah 60-80 km/jam. Jika berkendara lebih lambat dari itu, Anda bisa terancam bahaya dari kendaraan lain yang lebih cepat, begitupun jika berkendara melebihi batas kecepatan, Anda juga berpotensi mengalami kecelakaan yang berbahaya.

Perhatikan jarak dengan kendaraan lain

Salah satu etika berkendara di jalan tol yang tidak kalah pentingnya tapi sering dianggap remeh adalah menjaga jarak dengan kendaraan lain di depan Anda. Ini sangat penting mengingat kecepatan rata-rata di jalan tol yang cenderung cepat. Belum juga jalan tol banyak didominasi oleh kendaraan besar dan berat.

Baca juga : Inilah Tips Mudah Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here