Motor dapat secara efektif menurunkan panas yang dihasilkan oleh pembakaran, merupakan faktor kunci dalam menciptakan kinerja mesin yang stabil. Motor dapat menurunkan panas mesin dengan dua cara sistem pendinginan yaitu pendinginan udara atau pendinginan cairan. Berikut ini adalah penjelasan tentang 2 sistem pendingin pada sepeda motor yang sudah Otodiva.com kutip dari Global Yamaha. Yuk, simak!

Sistem Pendingin Udara
Mesin berpendingin udara menghilangkan panas mesin dengan menggunakan udara yang mengenai mesin saat Motor bergerak. Inilah sebabnya mengapa mereka memiliki sirip di bagian luar untuk menciptakan lebih banyak area permukaan untuk dilewati udara. Metode pendinginan ini sangat sederhana, ringan dan tidak memerlukan perangkat khusus. Inilah sebabnya mengapa system pendingin udara telah berhasil digunakan begitu lama. Bentuk sirip pendingin juga bisa menjadi fitur desain yang menarik. Namun, pada skuter dan model lain di mana mesin tertutup oleh badan kendaraan, kipas bertenaga mesin kadang-kadang digunakan untuk mengirim udara ke sirip dalam.

Sistem Pendingin Cairan
Mesin berpendingin cairan menggunakan cairan berbasis air untuk mendinginkan mesin, tetapi mereka tidak menggunakan air biasa, baik itu air keras, lunak atau air ledeng. Mereka menggunakan pendingin khusus yang mengandung alkohol untuk mencegah pembekuan dan karat atau oksidasi pada mesin. Pendingin ini disirkulasikan melalui saluran yang dibangun ke dalam mesin. Untuk memastikan pendingin melakukan tugasnya secara efisien, ia melewati radiator yang dipasang untuk menerima aliran udara yang mengalir untuk menurunkan suhunya dan kemudian disirkulasikan kembali.

Manfaat pendinginan cairan termasuk mengurangi efek pada mesin dari perubahan suhu luar untuk kinerja yang lebih stabil dan pendinginan juga mengurangi getaran mesin dengan menurunkan kebisingan mekanis pada motor. Meskipun pendinginan cairan lebih rumit daripada pendinginan udara karena lebih memerlukan radiator, saluran cairan pendingin, dan perpipaan, dll, namun manfaatnya dalam menawarkan tenaga dan kinerja mesin motor yang konsisten adalah alasan mengapa pendinginan cairan digunakan pada banyak model saat ini.

Itulah dia 2 sistem pendinginan yang ada pada motor.

Baca Juga, 5 Penyebab Motor Matic Mati mendadak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here