Debu dan partikel partikel kecil yang berterbangan di jalanan akan sangat menganggu penglihatan para pengendara sepeda motor, apabila masuk ke mata tentu saja mata akan terasa sakit akibat goresan dari debu dan partikel tersebut. Matahari yang sangat terang juga dapat merusak mata, akibatnya mata Anda akan menjadi hilang penglihatan sesaat. Semua hal ini tentu saja dapat membahayakan bahkan menimbulkan kecelakaan bagi para pengendara motor. Nah, berikut ini adalah tips untuk melindungi penglihatan Anda saat berkendara motor yang sudah Otodiva.com kutip dari Reliance. Yuk, simak!

Gunakan Helm Full Face
Helm full face adalah pelindung terbaik untuk perlindungan seluruh bagian kepala. Ini dapat melindungi mata Anda dari debu dan sangat baik dalam mennghindari serangga, batu, dan debu yang bertebaran. Namun beberapa orang tidak suka memakainya, dan tampaknya tidak keren bagi mereka. Padahal, helm full face terbuat dari bahan yang kokoh sehingga dapat memberikan perlindungan yang sangat kuat.

Kacamata
Kacamata dapat melindungi mata Anda dari bahaya tertentu seperti benturan, radiasi optik, partikel debu halus  dan tentu saja terik matahari. Kacamata dengan perlindungan UV tidak hanya akan membantu melindungi mata Anda dari radiasi berbahaya tetapi juga membantu mengurangi silau dari matahari selama mengemudi di siang hari. Untuk mengemudi di malam hari, pastikan Anda memiliki pasangan kaca bening dengan lensa anti-silau yang dirancang untuk mengemudi di malam hari. Untuk memastikan kacamata Anda terpasang dengan aman di wajah Anda, gunakan tali olahraga agar seperti terikat di kepala Anda dan akan membantu mencegahnya terbang jika tiba-tiba berbelok atau bergoyang.

Kacamata Goggle
Jika Anda hanya memiliki helm half face atau helm tanpa pelindung kaca depan, maka Anda bisa menambahkannya menggunakan kacamata google. Kacamata goggle memberikan perlindungan ekstra karena dipasang di kepala dengan tali pengikat, sehingga lebih sulit lepas saat bergerak atau berhenti secara tiba-tiba. Kacamata harus pas dengan wajah untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap partikel debu halus yang mungkin tidak terhalang oleh kacamata biasa. Penumpang juga membutuhkan pelindung mata untuk keamanan dan kenyamanan mereka. Pelindung mata terbaik adalah visor, diikuti dengan goggle, dan kaca mata.

Itulah dia tips melindungi penglihatan Anda saat berkendara sepeda motor. Melindungi mata atau penglihatan Anda lebih dari sekadar mencegah kecelakaan yang mungkin akan terjadi.

Baca Juga, Begini Tips Aman Berkendara Offroad Untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here