Mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati pada masa sekarang ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi jalan di kota-kota besar yang bertambah macet. Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis memang lebih praktis dan menyenangkan di tengah-tengah kemacetan, karena kita tidak perlu repot-repot mengoperasikan kopling dan memindah-mindahkan gigi persneling secara manual.

Untuk kamu yang memiliki mobil dengan transmisi otomatis, berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil dengan transmisi otomatis agar tetap awet dan nyaman digunakan:

Rutin Periksa dan Ganti Oli Transmisi

Sahabat, penggantian oli transmisi biasanya dilakukan berdasarkan acuan jarak tempuh. Oli transmisi otomatis dianjurkan untuk diganti sesuai dengan buku service.

Pengguna juga perlu memeriksa warna oli transmisi otomatis. Oli yang dalam keadaan baik berwarna merah. Jika oli sudah berwarna hitam, segera lakukan penggantian oli. Namun, jika melihat oli berwarna cokelat susu, tandanya oli kamu tercampur dengan air, segeralah bawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

Pindahkan ke Posisi N Saat Lampu Merah

Saat mobil berhenti di lampu merah, posisikan tuas transmisi pada posisi netral (N). Jika kamu sering membiarkan tuas transmisi di posisi Drive (D), itu berarti kamu membiarkan kanvas kopling mobil terus bergesekan. Kondisi kanvas yang aus akan mengganggu kerja transmisi otomatis.

baca juga : Tips Mengganti Oli Motor Secara Mandiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here