Home Tips Begini Cara Memaksimalkan Usia Pakai Aki

Begini Cara Memaksimalkan Usia Pakai Aki

0
162

Aki (Accu) atau Baterei adalah satu-satunya penyimpan cadangan listrik pada mobil, aki mobil ini sangat berperan penting pada saat mobil pertama kali dihidupkan karena aki adalah sumber listrik untuk menghidupkan motor starter.

Rata-rata aki mobil, dapat bertahan selama 2 sampai 5 tahun tergantung pada penggunaan dan perawatan. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan usia pakai aki mobil.

Pertama pastikan semua peralatan elektronik seperti: lampu depan utama, lampu kecil/lampu kota/lampu senja, lampu interior, radio/head unit, AC, wiper mobil, dan lain-lainnya telah dimatikan sebelum mematikan mesin.

Berbagai peralatan elektronik yang dibiarkan hidup sebelum mematikan mesin, dapat menguras daya aki dan juga berisiko merusak sistem listrik mobil. Selain itu juga akan memberikan beban extra pada aki saat menghidupkan mesin mobil. Padahal untuk menghidupkan mesin mobil saja, beban aki sudah sangat berat.

Kedua pastikan aki mobil dalam kondisi baik (periksa indikator aki) jika kamu berencana untuk tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu. Jangan biarkan mobil dalam keadaan mati untuk waktu yang lama. Memanaskan mobil secara teratur meskipun Sahabat tidak digunakan, sangat disarankan untuk menjaga agar daya aki tetap terisi.

Dan terakhir untuk aki Basah, ganti atau kuraslah air aki secara berkala. Air aki harus memiliki kadar keasaman yang sesuai. Perawatan air aki secara berkala akan menjaga performa aki. Biasanya yang terjadi adalah kapasitas penyimpanan listrik aki menjadi menurun dan membuat daya simpan listrik berkurang atau tekor.

Baca juga : Tips Untuk Meningkatkan Horse Power

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here