Seperti tubuh kita, setelah bekerja keras tentunya perlu istirahat cukup dan pemulihan stamina, demikian pula dengan mobil. Setelah pergi berlibur, mobil juga perlu untuk disegarkan kembali. Bagian-bagian mana sajakah yang perlu diperiksa setelah melakukan perjalanan panjang? Mari kita simak uraian di bawah ini:

Sistem Pengereman

Selama menempuh perjalanan jauh biasanya pengemudi sering melakukan pengereman dengan menginjak pedal rem dalam-dalam (heavy braking). Karena itu, setelah kembali dari perjalanan jauh, perangkat pertama yang perlu diperiksa adalah sistem pengereman. 

Plat Kopling

Kopling merupakan alat untuk ‘memutus-sambung’ aliran tenaga dari mesin ke sistem gerak. Pelat kopling dapat aus seiring dengan bertambahnya pemakaian. Apalagi kalau kita terlalu sering bermain ‘setengah kopling’ akibat terkena macet di tanjakan. Selain plat kopling, bagian kopling lainnya yang dapat rusak karena pemakaian adalah ‘Release Bearing’ (Laher) dan Dekrup atau ‘Matahari’.

Oli dan Filter

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan kondisi oli. Pastikan jumlah oli tidak kurang dari batas bawah yang tertera di deep stick oli mesin. Selain itu, teteskan sedikit oli di jari tangan dan gesek-gesekan di kedua jari. Bila cairan oli terasa pekat atau bahkan terasa ada butiran, maka segera ganti oli tersebut.

Cairan Radiator

Selama menempuh perjalanan jauh, mesin membutuhkan proses pendinginan yang ekstra. Disinilah, kerja radiator sebagai perangkat pendingin mesin sangat berperan. Karena suhu mesin yang sangat tinggi, cairan coolant yang ada di dalam radiator dapat berkurang.

Setelah menempuh perjalanan jauh, pastikan agar cairan coolant tetap berada pada batas yang dianjurkan. Apabila kurang, dalam keadaan mendesak Sahabat dapat menambahkan dengan air putih minuman dalam kemasan. Tapi sangat disarankan untuk menguras radiator dan mengganti dengan cairan coolant yang baru seusai perjalanan.

Karena, selama menempuh perjalanan jauh, cairan radiator mendidih dan berekasi dengan sel-sel di dalam radiator. Pada saat mencapai titik didih tertinggi, bisa saja unsur-unsur yang ada di air atau cairan coolant bereaksi secara kimiawi dan membentuk partikel baru. Partikel itulah yang dikhawatirkan merusak sel-sel radiator.

Bagian Kaki-kaki

Selama menempuh perjalanan jauh, perangkat kaki-kaki menyangga beban yang sangat berat sehingga kondisinya sangat rawan menurun. Terlebih bila jalanan yang Sahabat lalui kurang bagus, banyak lubang, tanjakan, dan basah.

Komponen yang wajib diperiksa atau diperbaiki, dan jika perlu diganti adalah tie-rod, ball-joint, bushing arm, dan bearing serta shock absorber. Khusus untuk bantalan roda (laher / bearing) yang sudah aus akan menimbulkan suara mendengung yang makin lama makin keras saat mobil melaju.

Jika anda mendapati suara seperti itu, maka segera ganti dengan yang baru. Pasalnya peranti dapat tiba-tiba macet di jalan dan akhirnya merusak perangkat kaki-kaki lainnya.

Baca juga : Hyundai Palisade Banjir Peminat Usai Diiklankan BTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here