Setiap pengendara roda empat, harus berhati-hati dalam membawa mobil. Namun, tahukah Anda bahwa upaya mencegah kecelakaan dalam berkendara tidak cukup jika hanya mengandalkan kehati-hatian. Perlu adanya dukungan fitur keselamatan yang mumpuni yang mana salah satu diantaranya adalah fitur VSC.

VSC atau Vehicle Stability Control adalah fitur yang mampu mencegah dan mendeteksi oversteer, understeer, atau tergelincirnya ban mobil saat melaju di area berbelok.

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk mengontrol laju dan kestabilan kendaraan selama melaju di jalurnya. Terutama saat melewati jalur menikung dan saat akan berpindah jalur. 

Cara kerjanya adalah sistem akan membantu mengurangi kekuatan mesin secara otomatis ketika kendaraan tersebut mengalami roda selip atau kehilangan traksi pada salah satu rodanya.

Pada kondisi tersebut, fitur VSC akan memberikan pengereman secara efektif pada roda yang paling membutuhkan. Agar nantinya mobil akan tetap melaju ke arah jalur yang pas tanpa melintir atau keluar dari lintasan beloknya. 

Bahkan ada juga beberapa model mobil yang menggunakan sistem VSC dengan cara mengurangi tarikan gasnya. Maksudnya, saat pengendara sedang menginjakkan gas selama berbelok di tikungan, secara otomatis gas tersebut tidak akan bertambah kencang, melainkan semakin melambat. Hal ini dapat terjadi sesuai dengan kebutuhan yang terbaca oleh sistem.

Dengan begitu, setiap pengendara akan dapat mengontrol kendali dan menjaga stabilitas kendaraan ketika bermanuver dengan aman.

Baca juga : 3 Tips Untuk Membantu Anda mencegah Aquaplaning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here