Balai uji mobil bertaraf internasional kabarnya akan dibangun mulai Februari 2022 di Bekasi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sedang menyiapkan pembangunan balai pengujian mobil dan kendaraan bermotor atau biasa disebut proving ground. Nantinya balai uji ini akan memenuhi standar International United Nation Regulation (UNR). Balai pengujian mobil ini dibangun atas kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.

Pemerintah bermaksud membangun fasilitas berkendara yang lebih baik sehingga mobil-mobil yang beredar di Indonesia nantinya sama canggih dengan negara-negara terkemuka lainnya. Targetnya tahun 2022 akan dibangun balai pengujian mobil dan tahun 2024 secara resmi Indonesia mengoperasikan proving ground dengan standar internasional.

Balai pengujian mobil di Bekasi tersebut rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 90 hektar. Desain balai uji mobil ini menyerupai kondisi jalan yang sebenarnya. Nantinya, akan ada jalan berlubang, menanjak, dan sebagainya sehingga mobil-mobil yang tersertifikasi sudah memenuhi syarat-syarat yang dimaksud.

Tujuan dari pembangunan balai pengujian mobil ini adalah untuk meningkatkan keselamatan pengendara, meminimalisir angka kecelakaan, menurunkan pencemaran udara dari emisi gas buang, serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga ekonomi Indonesia akan bertumbuh.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi berencana membangun balai pengujian ini di Bekasi ini sebagai balai pengujian mobil terbesar di ASEAN. Budi juga berharap bahwa balai uji di Indonesia ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sebagai salah satu balai uji yang memiliki standar internasional di Asia.

Pemerintah bermaksud membangun 19 fasilitas pengujian yang sesuai standar UMR dan nantinya akan diterapkan di negara-negara ASEAN. Fasilitas yang ditawarkan pada kendaraan bermotor dan mobil adalah uji rem, emisi suara, speedometer, sistem kemudi, dan disabilitas.

Lalu ditambah dengan uji tabrak, angkur sabuk pengaman, kursi, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, spion, hingga pengujian kendaraan listrik.

Baca juga : Mobil Listrik Murni MG Siap Meluncur di GIIAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here