Bepergian dan berkendara merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bahkan beberapa ibu hamil ada yang masih mengendarai mobil. Sebenarnya sah-sah saja dilakukan, asalkan tetap waspada dan hati-hati.

Menyetir mobil tidak bisa dilakukan asal-asalan terutama saat hamil. Hal ini dikarenakan kondisi ibu hamil lebih berisiko dan rentan mengalami kecelakaan ketimbang saat tak hamil. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kenyamanan bergerak dan manuver mobil yang perlu disesuaikan agar tak mengganggu kehamilan.

berikut tips menyetir mobil saat hamil yang perlu Anda ketahui :

Siapkan cemilan sehat dan air minum cukup

Saat berkendara terlalu lama, terkadang ibu hamil mudah merasa lapar sehingga perlu membawa camilan sehat. Sediakan camilan baik untuk kesehatan pencernaan dan sang buah hati. 

Persiapkan juga air minum yang cukup untuk perjalanan Anda. Jangan sampai dehidrasi karena dapat berakibat buruk bagi ibu hamil.

Pastikan dalam kondisi fit dan ada pendamping

Sebelum menyetir, pastikan Anda dalam kondisi fit dan tidak sedang sakit. Sebisa mungkin untuk meminimalisir perjalanan yang mengharuskan menyetir mobil. 

Usahakan juga ada orang lain yang turut mendampingin Anda saat berkendara. Jadi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, ada yang dapat segera menolong Anda dan mengabari keluarga.

Perhatikan posisi menyetir

Bagi ibu hamil yang menyetir, hindari posisi tubuh yang terlalu maju saat duduk. Untuk menambah kenyamanan, Anda dapat memundurkan posisi kursi sampai dapat bergerak lebih leluasa.

Saat berkendara, perhatikan juga jarak duduk antara perut dan setir yang aman yaitu minimal 25 cm. Selain itu sejajarkan posisi duduk Anda dengan setir mobil dengan tulang dada dan tidak mengarah ke bagian perut.

Wajib gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman harus digunkaan oleh setiap pengendara mobil terutama ibu hamil. Tetapi perhatikan pula posisi sabuk pengaman Anda.

Posisi sabuk pengaman yang benar yaitu pada bagian atas tulang selangka, yakni antara lengan atas dan leher. Hindari memasang sabuk pengaman persis di bagian perut Anda.

Baca juga : Intip Keunggulan Daihatsu Rocky, Produk Pertama dengan Teknologi DNGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here