Home Roda 4 Bagian-bagian Penting Mobil yang Harus Dicek Saat Servis

Bagian-bagian Penting Mobil yang Harus Dicek Saat Servis

0
93

Servis mobil secara berkala menjadi hal yang wajib bagi Anda yang menggunakan mobil sebagai kendaraan utama Anda. Apabila lalai untuk melakukan servis dengan rutin maka sudah pasti kinerja mobil menjadi taruhannya. Banyak sekali komponen yang harus diperhatikan saat sedang servis mobil. Lalu, apa yang harus dicek saat servis mobil? 

Filter oli dan oli mesin

Di urutan pertama ditempati oleh kedua komponen ini. Mengapa begitu? Pengecekan pada oli menjadi poin krusial dalam setiap mobil terlebih jika telah dilakukan pemakaian yang lama. Filter oli yang kotor pastinya tidak mampu untuk melakukan proses penyaringan secara maksimal. 

Sedangkan, oli mesin juga membutuhkan perhatian khusus dengan menggantinya setiap menempuh jarak 1.000 km pertama. Seperti yang Anda tahu, oli ini berguna untuk melumasi mesin agar proses pembakaran sempurna. 

Aki

Air pada mesin aku perlu untuk ditambah secara teratur atau diganti setiap tahunnya. Langkah ini untuk menghindari kinerja mesin yang terlanjur melemah bahkan sampai mogok saat Anda gunakan dalam berkendara. 

Busi

Komponen selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat servis adalah busi. Anda akan kesulitan menyalakan mobil hingga boros bahan bakar jika busi dalam kondisi kotor. Oleh karena itu, penting adanya untuk membersihkan atau menggantinya setiap menempuh jarak 20.000 km. 

Filter udara dan filter AC

Suplai udara ke ruang pembakaran akan terhambat apabila filter udara terlalu kotor. Sehingga Anda perlu untuk mengeceknya hingga membersihkan atau menggantinya di jarak-jarak tertentu. Sama dengan filter udara, filter AC juga perlu untuk dicek secara rutin agar tidak mengganggu kinerjanya. 

Kanvas rem dan kanvas kopling

Perlu Anda ketahui, fungsi dari kedua komponen ini sangat penting bagi mobil. Kanvas rem perlu untuk dicek secara rutin dan juga memeroleh penggantian setiap jarak tempuh 20.000 km. Sedangkan, kanvas kopling juga perlu diganti setiap menempuh jarak 10.000 km-50.000 km. 

Ban mobil

Di list berikutnya ada komponen ban mobil yang pastinya penting untuk dicek saat servis. Ban yang sering bersentuhan langsung dengan aspal akan membuat daya geseknya berkurang akibat ban yang menipis. Sehingga, Anda perlu mengganti ban baru secara rutin untuk berkendara yang aman. 

Baca juga : Tips Merawat Transmisi Otomatis Agar Tidak Mudah Rusak

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here