Filter bensin selalu memiliki kontak langsung dengan bahan bakar minyak yang digunakan pada kendaraan bermotor. Berbagai mobil-mobil pun juga selalu dilengkapi dengan adanya filter bensin, agar nantinya bisa membuat bahan bakar yang digunakan terjaga kebersihannya. 

Filter bensin mobil maupun motor pada umumnya memiliki fungsi yang sama. Secara umum, filter diartikan sebagai “penyaring”, dan filter bahan bakar diartikan sebagai penyaring bahan bakar. Mengapa unit kendaraan bermotor seperti mobil butuh filter bensin mobil? 

Untuk menjaga kebersihan bahan bakar 

Fungsi utama dari filter bahan bakar mobil yaitu untuk menyaring kotoran bahan bakar yang ada pada kendaraan tersebut. Sehingga nantinya penyaring bahan bakar pada kendaraan mobil Anda tak mudah kotor. 

Filter air pada tangki BBM 

Berikutnya, fungsi dari filter bahan bakar yaitu digunakan untuk menyaring air dari tangki bahan bakar minyak. Sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam mesin benar-benar murni BBM dan tidak mengandung elemen air. 

Mengontrol kecepatan aliran BBM 

Mesin mobil membutuhkan bahan bakar minyak dengan kapasitas tertentu per menitnya. Sehingga dengan adanya filter bensin, nantinya kecepatan aliran BBM tersebut bisa lebih terkontrol. Sehingga mesin bisa melaju dengan lebih stabil dan lebih irit bahan bakar minyak. 

Itulah berbagai fungsi dari filter bensin mobil yang perlu Anda tahu. Karena peranannya cukup penting, tak heran Anda disarankan untuk rutin membersihkan filter bensin pada mobil. 

Baca juga : Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu diKetahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here