Insiden atau kecelakaan seperti ini terkadang tidak bisa kita hindari, ada saatnya kita harus bersiap saat kemungkinan itu terjadi. Jalanan yang penuh dengan pasir, genang air yang membasahi jalanan dan melakukan rem secara mendadak merupakan beberapa faktor yang bisa membuat kita terjatuh dari motor. Berikut ini adalah hal yang harus Anda lakukan saat terjatuh dari motor. Yuk, kita simak!

Bangun secara perlahan
Hal yang pertama ini harus Anda lakukan. Pada saat Anda terjatuh dari motor mungkin Anda akan mengalami pusing akibat adanya benturan yang terjadi. Bangun secara perlahan tanpa terburu buru dan sadarkan diri Anda terlebih dahulu.

Matikan mesin motor
Pada saat Anda terjatuh mungkin mesin motor masih dalam keadaan menyala. Matikan mesin dan cabut kunci motor agar tidak terjadi hal hal yang tidak dinginkan pada motor Anda.

Bangunkan motor lalu menepi
Pada saat Anda sudah sadar dan mesin motor sudah di matikan, maka inilah saatnya Anda menepikan motor pada bahu jalan untuk menghindari adanya mobil atau motor yang lewat di jalanan tersebut dan juga untuk menjaga keselamatan Anda.

Periksa barang Anda
Pada saat terjatuh dari motor mungkin kita tidak dapat menyadari apa yang sudah terjadi. Anda harus memeriksa barang bawaan dan barang berharga Anda seperti dompet atau ponsel. Apabila mereka tidak ada, maka kemungkinan besar barang tersebut ikut terjatuh. Cari secara perlahan di pinggir jalan agar tidak membahayakan Anda. Cek jalanan dan segera ambil apabila Anda sudah menemukan letaknya dimana barang tersebut jatuh.

Cari Bantuan
Setelah Anda sudah merasa aman, maka segera cari bantuan. Apabila ponsel Anda masih berfungsi maka Anda bisa menelfon keluarga atau kerabat dekat untuk meminta bantuan agar datang menolong, tetapi apabila ponsel Anda mati akibat benturan pada saat jatuh maka Anda harus mencari bantuan di sekitar Anda.

Itulah dia beberapa hal yang harus Anda lakukan saat terjatuh dari motor.

Baca Juga, Tips Melindungi Penglihatan Pada Saat Berkendara Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here