Kebutuhan cairan wiper penting untuk membersihkan kaca depan/windshield mobil yang kotor. Sebagai perawatannya, Anda perlu menguras cairan wiper secara berkala. Manfaat menguras tabung air wiper ini secara umum yaitu untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding tangki bagian dalam. 

Perawatan ini banyak disepelekan oleh pemilik mobil karena dirasa tidak terlalu penting. Padahal, tabung air wiper yang lama tidak dikuras dapat berakibat penyumbatan kotoran yang mungkin menumpuk pada pompa air wiper. 

Pada dasarnya air wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil dengan cara menyempotkan air ke bagian kaca depan dan belakang. Sebelum membaca penjelasan tentang manfaat menguras tabung air wiper, Anda perlu mengetahui alasan perlunya menguras tabung air wiper.

Air wiper ini ditampung pada tabung khusus di balik kap mesin mobil. Saat mengisi air wiper, pemilik mobil biasanya menggunakan air biasa/air tanah. Hal ini tidak masalah selama perawatan berkala rutin dilakukan.

Penggunaan air biasa atau air keran rumah sebagai cairan wiper dapat memunculkan endapat kotoran apabila tidak di bersihkan secara berkala. Kotoran ini bisa berupa lumpur tipis atau lumut yang tumbuh dibagian dalam dinding tabung cairan wiper.

Sisa air tanah ini akan mengotori tabung air wiper sehingga mengakibatkan penyumbatan terutama pada pompa air wiper. Tentunya hal ini berpengaruh pada komponen sistem penyemprotan cairan wiper lainnya.

Jadi jangan lupa lakukan pengurasan pada tabung air wiper bila dirasa sudah kotor. Pemeriksaan kondisi cairan wiper sebaiknya dilakukan oleh teknisi pada saat service berkala agar terjamin perawatannya.

Baca juga : Tips Melindungi Penglihatan Pada Saat Berkendara Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here