Home Roda 2 Perlukah Motor Di Pasang Lampu Hazard? Ini Beberapa Penjelasannya!

Perlukah Motor Di Pasang Lampu Hazard? Ini Beberapa Penjelasannya!

0
164

Mengendarai sepeda motor adalah tugas yang cukup berisiko, terutama jika Anda adalah pengendara pemula dan jalan di sekitar Anda tidak dalam kondisi terbaik. Resiko besar yang sering terjadi adalah tidak adanya lampu jalan yang tepat karena sebagian besar kecelakaan terjadi pada malam hari. Salah satu aksesori yang sangat penting bagi pengendara motor adalah Lampu Hazard.

Lampu hazard
Lampu Hazard merupakan sinyal penerangan melalui cahaya. Umumnya lampu hazard hanya ada pada mobil, sedangkan untuk motor di perlukan pemasangan yang berbeda. Mereka merupakan aksesoris yang disematkan pada sistem penerangan sepeda motor. Alat ini memberikan indikator arah untuk motor dengan cara berkedip. Lampu Hazard ini sangat mudah dipasang dan tidak membutuhkan biaya yang mahal, tidak seperti aksesoris sepeda lainnya. Juga, tidak memerlukan perubahan kabel, maka kabel stok tetap aman.

Membantu pengendara memberi sinyal
Apabila motor mengalami gangguan pada saat perjalanan, inilah fungsi lampu hazard untuk melakukan pekerjaannya. Menyalakan lampu hazard akan memberi sinyal kepada pengendara lain yang berada di belakang. Memberikan peringatan jika harus berenti mendadak ataupun ada kendala yang terjadi dengan motor Anda sehingga pengendara di belakang dapat waspada.

Membuat berkendara lebih aman
Lampu hazard dirancang untuk menarik perhatian pada saat berada di jalan. Lampu hazard dapat digunakan pada saat visibilitas yang cukup rendah misalnya pada malam hari atau kondisi berkabut. Lampu ini juga dapat digunakan saat kendaraan ditepikan ke sisi jalan, agar sepeda motor lebih terlihat oleh lalu lintas yang sedang melaju.

Membuat berkendara terlihat keren
Selain berguna, Anda juga akan setuju dengan fakta bahwa mereka membuat sepeda motor terlihat bagus, terutama saat berkendara dengan kelompok dan semua sepeda menyala dengan lampu hazard. Selain itu, disarankan agar Anda menggunakan lampu indikator arah LED karena lampu LED jauh akan lebih terang. Lampu LED juga memiliki siklus hidup yang lebih lama dibandingkan dengan lampu lainnya. Karena lampu hazard mengubah pola lampu dan membuat lampu berkedip lebih cepat dari biasanya, maka lampu ini lebih cocok digunakan dengan indikator arah LED.

Itulah dia beberapa penjelesan tentang perlunnya lampu hazard pada motor.

Baca Juga, Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu diKetahui

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here