Keberadaan wiper depan dan belakang saat ini terasa amat penting demi kelangsungan berkendara, terutama di musim penghujan. Penggunaan spion untuk mengawasi jalan tidaklah cukup. Disinilah kebutuhan wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca depan dan belakang mobil Anda.

Meski termasuk komponen sederhana, keberadaan wiper tidak bisa Anda sepelekan. Anda wajib memastikan kerja wiper depan belakang berfungsi dengan baik dan tepat. Oleh sebab itu, Anda harus memahami cara dan tips merawat wiper mobil untuk menjaga fungsionalitas wiper itu sendiri. 

Perawatan perlu dilakukan untuk menghindari wiper Anda mengeras dan kendor. Karena jika sudah kendor, tentu tidak dapat bekerja maksimal. Terlebih jika mengeluarkan suara berdecit yang tentunya menganggu kegiatan Anda berkendara.

Merawat wiper merupakan hal yang penting dilakukan terutama saat musim penghujan. Sapuan wiper yang terawat dengan baik akan membersihkan kaca secara maksimal. Perangkat ini berperan untuk menghadirkan pandangan yang jernih pada pengemudinya. 

Karena itu Anda harus merawat wiper agar selalu awet dan berumur panjang, terutama bagian karetnya. Berikut beberapa tips yg Otodiva lansir dari Daihatsu Indonesia.

Jauhkan dari terik matahari

Tahukah Anda, terlalu lama menjemur mobil saat matahari sedang panas-panasnya dapat merusak wiper. 

Pasalnya, paparan sinar matahari pada wiper yang terlalu sering bisa membuat karet mengeras. Alhasil wiper tidak bekerja secara optimal dalam menyapu air, karena elastisitasnya berkurang.

Isi ulang cairan wiper secara rutin

Cairan wiper harus diperhatikan volume dan kuantitasnya saat mengisi ulang. Tabung tempat air wiper juga perlu dibersihkan jika terdapat endapan kotor. Anda bisa gunakan air biasa, sabun atau cairan komposisi kimia yang membersihkan kaca dengan maksimal. 

Angkat wiper saat parkir di bawah sinar matahari

Angkatlah batang wiper Anda, saat Anda diharuskan untuk parkir mobil di luar ruangan yang terpapar sinar matahari. Terutama pada wiper kaca depan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga elastisitas wiper agar tidak cepat mengeras dan kendor. Karena kaca panas tidak baik untuk wiper dan bisa membuat karetnya cepat rusak.

Membersihkan wiper dengan sabun khusus

Karet wiper yang kotor dan tidak terawat, tak mampu menyapu segala jenis kotoran yang hinggap di kaca depan secara maksimal. 

Anda dapat membersihkan karet ini dengan cara mengelapnya menggunakan air sabun khusus pembersih mobil. Selain itu, gunakan air hangat untuk membersihkan sekaligus melembutkan karet wiper.

Baca juga : Intip Daftar Mobil yang Mendapatkan Diskon PPnBM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here