Di samping mesin dan transmisi mobil Anda, rem adalah bagian terpenting dari kendaraan Anda. Rem yang blong atau rusak pada saat perjalanan bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan yang berpotensi mengancam jiwa. Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memastikan bahwa rem mobil sudah berfungsi dengan baik, itu merupakan hal penting yang tidak boleh di abaikan. Berikut ini beberapa penyebab rem mobil rusak dan kapan harus melakukan perbaikan. Dikutip Otodiva.com dari Custome Complete Automotive. Yuk, kita simak bersama!

Tanda Peringatan Kerusakan Rem
Lampu peringatan kendaraan Anda seharusnya menunjukkan bahwa rem Anda sudah mulai rusak sebelum benar-benar tidak berfungsi atau blong. Indikasi lain dari kegagalan rem meliputi:

Bunyi gerinda saat Anda menekan pedal ke bawah, menunjukkan cakram rem yang aus, harus lebih menekan pedal rem, sensasi bergetar saat menginjak rem, kendaraan Anda bergerak ke satu sisi saat mengerem, bau terbakar, dan genangan air di jalan yang masuk ke kendaraan mungkin mengindikasikan kebocoran minyak rem.

Apa Penyebab Kegagalan Rem?
Penyebab paling umum dari kegagalan rem adalah tidak adanya minyak rem. Cairan tersebut mentransfer gaya yang Anda berikan dengan menekan pedal rem ke cakram rem untuk memperlambat dan menghentikan roda mobil Anda. Anda biasanya dapat mendeteksi kebocoran sebelum berada di jalan karena Anda akan melihatnya di bawah kendaraan Anda. Jika Anda melihat kebocoran, jangan mengemudi sampai kebocoran diperbaiki dan minyak rem harus diganti.

Penyebab lain dari kegagalan rem adalah silinder rem yang sudah tidak bagus. Silinder rem adalah bagian dari sistem pengereman Anda di mana cairan dikompresi berada. Silinder rem yang tidak bagus dapat menyebabkan sistem pengereman Anda kehilangan tenaga.

Bagian yang disebut booster rem juga bisa rusak. Booster rem mengambil gaya yang dihasilkan saat Anda menekan pedal dan memperkuatnya. Jika bagian ini rusak, kekuatan penuh untuk memperlambat dan menghentikan kendaraan Anda tidak akan dihasilkan.

Jika Anda menduga bahwa Anda mengalami kerusakan rem saat di jalan, jangan melanjutkan mengemudi. Kegagalan rem mengubah kendaraan Anda menjadi rudal potensial di atas roda. Pergilah ke sisi jalan yang aman dan meminta bantuan.

Itulah 3 penyebab kerusakan pada rem mobil Anda. Cegah terjadinya kerusakan rem dengan mengikuti perawatan kendaraan secara teratur.

Baca Juga, Jangan Asal! Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Rem Tangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here