Mobil convertible merupakan jenis mobil yang berukuran kecil dengan bagian atap yang dapat diubah-ubah menjadi kendaraan tertutup ataupun kendaraan terbuka. Umumnya, terdapat dua jenis mobil convertible, yaitu convertible soft top dan hard convertible. Keduanya berbeda dari segi bahan yang digunakan, contohnya soft top menggunakan bahan kanvas atau vinyl. Ada cara perawatan khusus untuk menjaganya agar tetap awet dan sedap dipandang, Anda tidak boleh sembarangan dalam membersihkannya karena jika salah perawatan maka atap mobil cabriolet ini akan cepat rusak dan menggantinya pun akan memerlukan biaya tambahan yang tidak murah. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum cara mudah untuk merawat atap kanvas pada mobil convertible. Yuk simak!

Pertama, yang harus Anda lakukan dalam merawat atap kanvas pada mobil convertible yaitu dengan rutin mencucinya. Anda dapat menggunakan 3M Car Wash Soap untuk memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran atau noda yang terdapat pada atap kanvas mobil Anda.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih dengan cara menyemprotkannya pada permukaan atap yang ingin dibersihkan. Sebaiknya hindari penggunaan detergen yang keras ya, sebab akan membuat atap kanvas pada mobil convertible Anda jadi kaku dan tidak bagus.

Lalu, gunakan sikat untuk menggosok noda yang susah hilang. Namun, jangan terlalu kasar ya dalam menggosoknya, lakukan secara perlahan dengan gerakan memutar agar kotoran atau noda yang bersembunyi dapat terangkat. Bersihkan noda, juga kotoran yang sudah terangkat dengan menggunakan microfiber. Untuk membersihkan kaca mika cukup dengan menggunakan spons. Jangan pernah menyikat mika kaca dengan sikat karena selembut apapun bulu sikatnya akan menggores kaca mika.

Sebaiknya, Anda jangan mencuci atap kanvas pada mobil convertible Anda dalam keadaan panas. Hal ini dikarenakan panas matahari membuat kanvas panas dan pada kondisi ini pori-pori kanvas akan mengembang. Jika dalam kondisi ini langsung diguyur air dingin akan menyebabkan pori-pori menciut secara tiba-tiba. Kondisi ini menyebabkan bahan kanvas tertarik atau mengecil dan mengakibatkan benang jahitan putus bahkan kanvas robek. Maka dari itu, Anda bisa mencucinya di tempat yang sejuk dan teduh.

Baca Juga, Mobil Sport Mewah Yang Cocok Untuk Perempuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here