Home News Mengenal Fungsi Selang Radiator untuk Mobil

Mengenal Fungsi Selang Radiator untuk Mobil

0
119

Umumnya, mesin mobil normal memiliki dua jenis selang radiator, yaitu upper hose dan lower hose. Meski terbuat dari material yang sama, tiap jenis mempunyai perbedaan pada model lekukan. Hal ini tergantung dari desain dan model mesin yang digunakan pada mobil Anda.

Komponen selang radiator menggunakan bahan utama karet dengan ketebalan tertentu. Karet ini bersifat cukup fleksibel, namun di dalamnya terdapat beberapa benang yang menambah kekuatan selang radiator.

Bekerja pada suhu panas yang cukup tinggi, selang radiator ini terbuat dari material karet yang tahan panas.

jika bicara soal fungsi selang radiator sebenarnya sama seperti selang pada umumnya yakni mengalirkan air. Hanya saja yang dialirkan bukan air biasa melainkan cairan coolant (cairan pendingin khusus radiator). 

Jadi air ini nantinya akan disalurkan ke bagian mesin saat mobil dinyalakan. Tujuannya agar saat terjadi pembakaran, panas mesin pada bagian ruang bakar dapat ditekan.

Fungsi pertama dari selang radiator adalah sebagai penghubung yang mengalirkan cairan pendingin mesin dari radiator ke mesin dan sebaliknya. Hal ini penting untuk menjaga temperatur cairan pendingin mesin dari mesin agar terhindar dari overheat.

Water coolant mesin ini akan mengalir ke radiator melalui selang radiator atas kemudian berhenti di radiator akibat tertutupnya Thermostat. Temperatur cairan pendingin engine akan mendingin di radiator dan tetap di radiator tangki bawah

Ketika thermostat terbuka, campuran water coolant akan mengalir dari selang radiator bawah atau lower hose masuk menuju mesin dan berfungsi mendinginkan suhu panasnya.

Fungsi kedua dari selang radiator yaitu menghubungkan saluran air pendingin antara radiator dan mesin. Pada mesin mobil radiator pada umumnya terletak di gril depan dan ditempelkan langsung pada kerangka kendaraan.

Selang radiator pada dasarnya fungsinya seperti selang/penghubug. Namun yang dialirkan bukan air biasa melainkan water coolant untuk menghubungkan saluran air pada mesin dengan saluran air pada radiator.

Umumnya, radiator terbuat dari 3 jenis material, antara lain aluminium, tembaga, atau kuningan. Selang radiator terdiri dari dua jenis yaitu Selang radiator yang langsung menempel pada bagian radiator yang mengalirkan cairan pendingin ke water pump. Sementara selang kedua menghubungkan water pump dengan mesin.

Baca juga : 5 Penyebab Motor Matic Mati mendadak

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here