Mobil adalah salah satu kendaraan yang sangat memudahkan dan fleksibel digunakan untuk berbagai macam kondisi mulai dari hujan hingga cuaca panas sekalipun. Membeli mobil untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dibutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Agar tidak terjadi kesalahan, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil yang tepat. Sebaiknya Anda melakukan beberapa pertimbangan. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum berbagai jenis mobil berdasarkan fungsinya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. SUV (Sport Utility Vehicle)


Tipe mobil SUV satu ini merupakan kombinasi dari dua tipe mobil, tipe penumpang dan off-road. Dengan perpaduan ini, SUV bukan cuma bisa dikendarai di jalanan perkotaan biasa, tapi juga medan berat seperti jalanan berbatu. SUV sanggup dibawa ke medan-medan yang sulit. Dapur pacu dan bodi mobil SUV memang telah dirancang khusus agar kuat melalui jalanan berbatu, menanjak, bahkan berlumpur. Meski begitu, bukan berarti SUV mengorbankan kenyamanan penumpangnya. SUV keluaran terbaru, seperti Toyota All New Fortuner, bahkan mampu menampung hingga tujuh orang penumpang. Interior mobil pun telah didesain dengan cermat agar penumpang tidak merasakan guncangan selama melalui kondisi jalan yang buruk.

2. MPV (Multi-Purpose Vehicle)


Jenis mobil MPV merupakan jenis mobil yang memang memiliki desain nyaman dan cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Sebab mobil jenis ini memiliki kursi penumpangnya banyak, interior lega dan memiliki bagasi yang besar. Tipe mobil MPV sekarang sudah ada beberapa tipe di antaranya Low MPV, Medium MPV, Luxury MPV dan High MPV.

3. Hatchback


Mobil Hatchback merupakan mobil yang berukuran kecil dengan ruang penumpang yang menyatu dengan bagasi. Mobil ini didesain untuk untuk membawa penumpang dan barang, walaupun bagasinya tidak seluas mobil SUV atau MPV seperti di atas. Kapasitas penumpang yang tersedia pada mobil hachback, umumnya hanya mampu membawa empat hinga 5 orang. Mobil jenis hatchback adalah Honda Brio, Toyota Yaris, Suzuki Swift, dan yang lainnya.

4. Sedan


Sedan dikenal memberikan pengalaman berkendara yang umumnya lebih ciamik ketika jenis-jenis mobil lain. Ini tak lain tak bukan karena karakteristik teknisnya, antara lain postur pendek dan ground clearance rendah, sehingga punya titik pusat gravitasi lebih rendah pula dan mengurangi body roll. Mobil sedan memiliki desain yang minimalis dengan daya tampung maksimal sebanyak 5 orang. Tipe mobil ini memiliki bodi yang pendek dan memanjang yang membuatnya terlihat mewah dan anggun.

5. Coupe


Mobil coupe adalah mobil dengan dua pintu. Sebenarnya ada beberapa variasi istilah yang dibuat oleh masing-masing pabrikan dalam mendefinisikan mobil coupe. Namun secara umum, istilah coupe digunakan untuk menggambarkan mobil hard-top dua pintu dengan atap yang miring di bagian belakang. Beberapa mobil coupe ditawarkan dengan empat ketimbang dua pintu seperti pada umumnya. Tetapi, ini jarang terjadi karena biasanya hanya merek mobil premium asal Jerman. Saat ini, ada banyak coupe yang ukurannya sedikit lebih kecil daripada hatchback keluarga biasa. Mobil coupe dirancang sedemikian rupa untuk memiliki performa yang tinggi.

6. Convertible


Secara sederhana, mobil convertible didefinisikan sebagai mobil berukuran mini yang atapnya dapat dibuka, dengan cara dilipat. Dulu, buka atap ini dilakukan dengan cara manual. Umumnya, mobil ini hanya dapat ditumpangi oleh dua orang, meski ada pula yang berkapasitas empat penumpang. Mobil convertible terbagi lagi ke dalam dua sub kategori: convertible hardtop dan soft top. Sebagaimana namanya, perbedaan ini terletak pada bahan pembuat atap kendaraan. Convertible soft top atapnya terbuat dari bahan lembut seperti vinly dan kanvas ringan. Sementara convertible hard top atapnya terbuat dari baja atau plastik keras. Convertible hard top menawarkan keamanan yang lebih, tapi kurang stylish jika dibanding convertible soft top.

Baca Juga, Cara Mudah Merawat Atap Kanvas Pada Mobil Convertible

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here