Kebutuhan di dunia otomotif memang berkembang cukup pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya versi terbaru untuk mobil atau motor. Jika dulu motor atau mobil memiliki gaya manual, sekarang ada versi matic. Kehadiran matic ini dinilai sangat bagus dan memberikan kemudahan dalam menstarter mobil matic. Mobil dengan tipe matic ini semakin diminati oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan mobil matic tidak akan merugikan pengguna saat berada dalam kemacetan. Belum lagi, pengoperasiannya cukup sederhana dibandingkan mobil manual. Tentu sangat banyak yang melirik mobil jenis ini.

Namun memang, meski tampak mudah mengoperasikannya, masih banyak pemilik mobil matik yang salah kaprah meggunakannya. Salah satunya adalah saat menyalakan mesin. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum tips menyalakan mobil matic dengan benar bagi para pemula. Yuk kita simak!

Langkah pertama yaitu, pastikan tuas mobil ada dalam posisi parkir. Hal ini berfungsi sebagai unsur safety dan memastikan mobil tidak akan bergerak atau melompat. Namun, ada juga kasus di mana posisi tuas berada di posisi N. Ini tidak masalah, asalkan posisi tuas tidak berada di posisi R atau Reverse. Karena posisi R berati mundur, sementara mobil matic hanya bisa dihidupkan jika posisi tuas berada dalam kondisi P atau N.

Kemudian, hindari langsung menghidupkan mesin. Ada baiknya untuk memastikan dan menunggu sampai jarum berputar dan bagian indikatornya sudah aktif atau menyala. Ketika mesin mobil sudah hidup, pengemudi sebaiknya menunggu terlebih dahulu hingga putaran mesin mobil menjadi stabil. Dengan begitu, Anda sudah bisa menjalankan mobil.

Terakhir yaitu, dengan menginjak pedal rem saat melakukan starter. Hal ini karena beberapa jenis mobil matic tidak akan berada di posisi hidup jika pengguna tidak menginjak pedal rem. Pahami juga fungsi tuas pada transmisinya, ya. Hal ini dikarenakan pada umumnya, mobil matic mempunyai pengaturan transmisi, seperti P, D, R, N, dan M. Ada baiknya, pengemudi mengetahui masing-masing tuas agar tidak melakukan kesalahan saat memindahkan gigi.

Baca Juga, Inilah Beberapa Penjelasan Tentang Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here