Kerusakan yang terjadi pada komponen penghubung steer dengan kaki-kaki mobil ini berakibat sangat berbahaya. Efeknya adalah Anda akan merasa tidak nyaman mengemudi karena akan terasa kehilangan kendali roda. 

Kehilangan kendali otomatis mempermudah terjadinya kecelakaan yang sangat berbahaya. Membiarkan kerusakan terus menerus juga tidak baik, karena biaya perbaikan akan bertambah besar.

Gejala pertama yang sangat terasa adalah steer yang digunakan terasa bergetar atau oblak ketika Anda membelokkan ke kanan atau ke kiri. Anda bisa mencobanya dengan membelokkan steer atau memutarnya hingga mentok. 

Tidak hanya bergetar saja, beberapa gejala bahkan akan mempersulit Anda untuk memutarnya. Baik itu pada saat dikendarai atau posisi mesin mati steer akan menunjukkan gejala yang sama. 

Suara juga bisa menjadi cara mendeteksi kerusakan, khususnya pada bagian roda depan. Munculnya suara lebih ke arah memekik atau berdengung ketika Anda melaju di kecepatan yang rendah. 

Kondisi yang terjadi adalah biasanya bushing pada rack steer mengalami robek sehingga kotoran dan juga air akan masuk. Selanjutnya suara akan muncul dan cenderung berisik di bagian roda depan.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah pada mobil yang belum menggunakan  sistem Electronic Power Steering (EPS). Biasanya gejala yang muncul adalah terlihat rembesan oli pada bagian seal. Sudah pasti, penyebabnya adalah masalah di rack steer. 

Untungnya jika yang terjadi adalah kebocoran ini Anda masih bisa mengatasi dengan mengganti seal. Oleh karena itu jika melihat kebocoran Anda tidak boleh menunda lagi untuk langsung ke bengkel. 

Gejala terakhir yang perlu diperhatikan adalah tumpulnya komponen gigi pinion dan harmonika. Komponen ini mudah tumpul karena gesekan yang tidak dibantu dengan pelumasan. 

Debu dan kotoran yang menempel akan merusak gigi pinion dan harmonika pada saat steer diputar. Jika gejala ini yang muncul maka solusinya hanyalah dengan mengecor gigi tersebut sehingga membentuk yang baru.

Baca juga : Honda City Hatchback RS Raih Gelar Bergengsi Car of The Year Gridoto Award 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here