Salah satu komponen yang menyangga mesin dalam dudukannya adalah engine mounting, selain berfungsi sebagai tempat dudukan mesin komponen ini juga berfungsi untuk meredam dan menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin. Maka tak heran, apabila didalam komponen engine mounting terdapat karet yang fungsinya untuk meredam. Juga tak heran, jika komponen ini juga bisa digolongkan ke dalam fitur kenyamanan mobil. Di sebuah mobil, biasanya terdapat dua sampai empat buah engine mounting. Sementara untuk mobil dengan mesin berpenggerak roda belakang biasanya terdapat dua buah engine mounting.

Seiring penggunaan dalam jangka waktu yang lama, engine mounting juga akan mengalami keausan atau kerusakan. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah karetnya yang retak, hancur atau terbelah menjadi dua. Kondisi ini memang jarang diketahui karena letak atau posisi dari engine mounting yang sering kali berada di bawah dan tertutupi oleh komponen mesin yang berada di atasnya.

Tanda pertama, ketika engine mounting mobil rusak, maka dia sudah tidak mampu lagi untuk menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin, pasti akan terjadi getaran dan goyangan yang berlebih dan terasa sampai dalam kabin. Jika dilihat langsung mesinnya, maka akan bergoyang seperti melihat mobil pincang. Selain menimbulkan getaran dan goyangan, engine mounting mobil yang rusak juga dapat menimbulkan bunyi, terutama ketika mobil melewati jalan yang tidak rata.

Cara mengatasinya yaitu, mengetahui engine mounting mana yang harusnya diganti terlebih dahulu, dengan melihat seberapa besar beban yang diterima oleh engine mounting itu, sebagai contohnya pada mesin yang memiliki tarikan belakang dengan posisi mesin yang sejajar maka akan terlihat jelas kalau beban mana yang jauh lebih berat diterima di dudukan mesin, dan bisa juga dilihat dari posisi throttle body, intake dan juga kompresor ac. Jadi sebaiknya sebelum Anda melakukan penggantian dari engine mounting ini,  sebaiknya Anda melihat seberapa besar beban yang diterima sebelah kanan dan juga sebelah kiri. Anda juga harus menyiapkan dana untuk melakukan penggantiannya, dan jika mobil Anda memiliki penggerak roda depan maka ada empat buah engine mounting dan secara umum memang dipakai di kiri dan kanan yang sudah terikat pada sasis. Tak Cuma itu, ada juga yang terpasang di cross member pada kolong mesin.

Baca Juga, Cara Mudah Merawat Atap Kanvas Pada Mobil Convertible

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here