Bagian ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan kaki-kaki mobil yaitu rack steer. Rack steer ini nantinya digunakan untuk menyambung ke roda dan suspensi yang merupakan bagian kaki-kaki mobil. Rack steer juga memainkan peran yang sangat penting, bahkan pada mobil dengan power steering, baik hidrolik maupun elektronik. Jika pada komponen ini tidak berfungsi dengan baik, bisa dipastikan berkendara mobil akan menjadi tidak nyaman. Ketika kemudi terasa berat saat diputar atau terjadi getaran pada lingkar kemudi mobil, itu dikarenakan beberapa bagian gejala rack steer rusak. Jika hal tersebut terjadi, otomatis kenyamanan saat mengendarai mobil akan menjadi korbannya.

Permasalahan pada bagian kontrol kemudi atau rack steer pada umumnya terjadi akibat umur pakai atau perilaku mengemudi yang kasar. Biasanya kerusakan yang terjadi bermula dari sobeknya karet boot roda, masuknya kotoran dari luar akan menempel pada bagian gigi penghubung yang sudah dilumasi dengan gemuk atau grease. Akhirnya gerakan gigi yang bersinggungan saat berputar jadi berat dan berpotensi merusak gigi rack dan pinion-nya.

Salah satu untuk mengetahui gejala rack steer rusak atau bermasalah adalah dengan memutar/membelokan setir hingga mentok sambil menggoyangkan setir pelan-pelan. Jika batang rack steer oblak atau terasa ada getaran, umumnya gejala tersebut disebabkan karena rack steer sudah aus. Begitu juga saat dikendarai, jika mucul getaran pada setir itu tandanya rack steer bermasalah dan harus segera dicek. Jika muncul suara berisik pada area roda depan, bisa jadi disebabkan rack steer mengalami masalah. Munculnya bunyi tersebut biasanya disebabkan karena bushing rack steer robek.

Gigi opinion dan harmonika yang tumpul juga dapat menyebabkan terjadinya gesekan-gesekan akibat tidak adanya pelumas yang memadai, hal ini disebabkan oleh debu-debu yang menempel di setir kemudi akibat terjadi celah dari robeknya rack steer. Jika sudah begini, gigi pinion harus secepatnya di cor ulang agar memiliki gerigi gerigi baru yang lebih tajam.

Baca Juga, Setir Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Ban Hankook jadi Solusinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here