Memiliki sepeda motor adalah hal yang cukup lazim pada zaman sekarang. Hal ini dikarenakan, sepeda motor sudah menjadi bagian penting dalam setiap aktivitas di masyarakat sebagai salah satu moda tranportasi yang paling populer digunakan dan dimiliki. Agar sepeda motor selalu dapat memberikan performa yang optimal dan tidak mengalami berbagai masalah teknis, proses atau cara merawatan motor matic maupun motor bebek sebagai dua jenis motor paling laris di Indonesia harus dilakukan dengan benar. Terkadang, terdapat kondisi dimana tenaga motor seperti tertahan. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan para pengendara motor. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum tips jika Anda mengalami hal tersebut. Yuk kita simak!

Sebelum masuk ke cara mengatasi kondisi tenaga motor yang tertahan, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Yang menjadi penyebab pertama yaitu busi motor yang buruk bahkan cenderung mati dapat menyebabkan sistem perapian sepeda motor menjadi terganggu sehingga motor akan terasa berat atau muncul kondisi seperti tertahan saat gas di tarik. Kemudian, kondisi kepala silinder yang kotor dan penuh kerak sisa pembakaran pada mesin dapat menyebabkan motor kurang tenaga dan terasa berat saat digas. Hal lain yang menjadi penyebabnya yaitu, proses pembakaran mesin yang bermasalah dan tidak optimal. Proses pembakaran pada mesin sepeda motor sangat berkaitan dengan hasil tenaga yang akan dihasilkan sebagai tenaga dorong dari sepeda motor.

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, sekarang ketahui cara mengatasi kondisi tenaga motor yang berat seperti tertahan ini, diantaranya yaitu:

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti rantai atau van belt yang sudah rusak dan tidak bisa dikencangkan lagi, Anda pun tidak perlu menunggunya sampai putus. Karena, kondisi ini bisa terjadi akibat usia rantai pada motor Anda.

Kemudian, Anda bisa menarik gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin. Demi mencegah terjadinya masalah pada kompresi motor, sebaiknya Anda melakukan perawatan secara berkala.

Cara terakhir yaitu, dengan melakukan service rutin setiap bulan bukan hanya mengatasi penyebab tenaga motor seperti tertahan. Anda juga dapat mencegah kerusakan dengan mendeteksi adanya masalah pada motor sejak dini.

Baca Juga, Inilah Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Terjatuh Dari Motor Sendirian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here