Pada saat mengendarai mobil, terkadang kita mendengar suara berdecit pada ban. Suara ini memang cukup mengganggu, sehingga bisa mengganggu fokus kita dalam mengendarai mobil. Jika mengalami hal ini, sebaiknya Anda jangan anggap sepele. Tentu jika Anda mencari tahu apa permasalahannya, ini akan merujuk pada kerusakan komponen-komponen tertentu.

Lalu apa saja komponen yang mungkin bermasalah sehingga roda mobil bunyi berdecit. Nah maka dari itu, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum cara mudah untuk mengatasi hal tersebut. Yuk kita simak!

Sebelum mengetahui cara mengatasi ban mobil yang berdecit, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab roda mobil berdecit sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, diantaranya yaitu:

Pertama, yang menjadi penyebab pertamanya yaitu tekanan angin pada ban mobil yang tidak sesuai bisa menjadi sumber adanya bunyi decitan pada roda mobil ini, serta besar gesekan antara permukaan bannya dengan aspal.

Kemudian, penyebab selanjutnya adalah sudut roda yang tidak balance, kampas rem kotor, dan per daun kering. Per daun merupakan pegas berbentuk lempengan panjang seperti daun pandan. Per ini biasanya terletak pada roda mobil dan memiliki kekuatan yang sangat besar.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kita harus mengetahui juga cara mengatasi ban mobil yang berdecit, diantaranya yaitu:

Pertama yaitu membersihkan belt mobil dengan cara menyemprotkan campuran air dan sabun. Cara ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bunyi decitan pada ban mobil, akan tetapi cara ini tidak akan bertahan lama. Sehingga, Anda harus sering – sering melakukan hal ini untuk menghilangkan suara berdecitnya.

Kemudian, cara selanjutnya adalah dengan melumuri belt atau pulley menggunakan grease. Karena, dengan melakukan cara ini belt ataupun pulley bisa lebih baik.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus pada bagian yang mengeluarkan bunyi berdecit. Cairan ini bisa Anda dapatkan di toko aksesoris mobil. Perlu diiingat bawa jangan menyemprotkannya terlalu banyak, agar ban mobil tidak jadi selip.

Baca Juga, Inilah Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here