Ketika isi bahan bakar pada tangki mobil Anda tinggal sedikit, biasanya ada bunyi peringatan, penunjuk bahan bakar atau indikator lampu untuk memberikan Anda peringatan untuk segera mengisi bensin. Namun, jika Anda sedang ada diperjalanan jauh yang mengharuskan Anda tetap berjalan dan tidak ada stasiun pengisian bahan bakar. Hal terburuk yang terjadi adalah mesin pada mobil berhenti bekerja, juga tentu akan terjadi mogok di jalan. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum bagaimana cara mengatasi jika mengalami mobil mogok di jalan akibat kehabisan bensin. Yuk simak!

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah meminggirkan kendaraan Anda di tempat yang aman terlebih dahulu, perlu diketahui jika mobil injeksi tidak dapat didorong saat kehabisan bensin karena malah dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di dalamnya.

Selanjutnya, Anda harus mengisi bensin mobil Anda kembali hingga penuh sesuai dengan volume pada tangki bahan bakar. Jika sudah mengisinya, sebaiknya tunggu beberapa saat untuk menyalakannya. Hal ini dilakukan agar bahan bakar dapat mengalir menuju sistem pembakaran dengan sempurna. Anda bisa menyalakan mobil sampai semua fungsi didalamnya bekerja dengan normal.

Jika tangki bensin kendaraan Anda sudah terisi penuh, namun mesin tidak juga menyala. Anda dapat memeriksa bagian pada system bahan bakarnya, yaitu sistem injeksi mobil. Anda dapat mengendurkan fuel rail yang ada di throttle body dan setelah itu menghidupkan kembali mesin kendaraan. Apabila kondisi filter dan fuel pressure tetap dapat bekerja dengan baik, maka bensin dapat menyemprot dengan keras. Jika tidak terdapat semprotan yang keras, maka dikhawatirkan terjadi permasalahan pada pompa bensin sehingga membutuhkan penggantian komponen.

Biasanya saat pompa bensin bermasalah, maka sekring EFI pada boks sekring putus. Maka, Anda bisa melakukan perbaikan pada kerusakan tersebut sehingga mobil anda dapat berjalan kembali. Ada baiknya, jangan terlalu sering membiarkan hal ini terjadi, karena ada beberapa dampak buruk yang dapat terjadi pada mobil Anda.

Baca Juga, Tips Derek Yang Aman Ketika Mobil Anda Mogok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here