Aksesoris untuk mobil tidak hanya berfungsi untuk membuat kendaraan semakin keren tetapi juga memiliki fungsi khusus. Contohnya saja alarm mobil dengan fungsi khusus untuk keamanan mobil yang rawan akan pencurian. 

Alarm akan berbunyi sesuai dengan jenisnya dan bunyinya sendiri harus diperhatikan dengan benar. Karena bisa jadi alarm mobil tidak bunyi saat dikunci atau mengalami gagal fungsi. Hal inilah yang harus dihindari karena fungsinya berhubungan dengan keamanan. 

Beberapa penyebab berikut ini wajib dikenali oleh pengemudi ketika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci.

Habis Batre pada Central Lock

Sebelum panik, Anda bisa mencoba mengecek kondisi baterai central lock. Kemungkinan terbesar alarm tidak berbunyi atau justru berbunyi tanpa henti karena baterai yang sudah habis. 

Cara mengeceknya adalah membuka mobil secara manual dengan kunci, baru setelah itu melihat apakah baterai sudah habis. Baterai yang habis adalah penyebab paling umum yang sering terjadi karena pengemudi lupa untuk mengeceknya secara berkala. 

Mobil Masih dalam Mode Valet

Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet. Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir. 

Jika Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap. 

Pintu Mobil Masih Terbuka

Kelalaian yang tampak sepele namun ternyata berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil yaitu pintu yang tidak tertutup dengan benar. Sensor mobil tidak akan mendeteksi dengan baik karena pintu masih terbuka. 

Tidak sedikit penumpang yang tidak menutup pintu dengan rapat sehingga alarm pun tidak berbunyi. Hal sepele ini sering membuat panik yang sebenarnya bisa diatasi dengan mengecek ulang setiap pintu. 

Ketika Anda mendapati alarm tidak berbunyi, mengecek pintu apakah sudah rapat adalah hal pertama yang perlu dilakukan.

Baca juga : MG 5 EV Mobil Listrik Station Wagon Pertama di Dunia Tampil Memukau di Ajang GIIAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here