Home Tips Jangan Abaikan Perawatan Kampas Rem Pada Motor Anda, Simak Tipsnya!

Jangan Abaikan Perawatan Kampas Rem Pada Motor Anda, Simak Tipsnya!

0
137

Hal yang paling penting dalam keselamatan saat berkendara salah satunya ada pada sistem pengeremannya. Jika sistem pengereman tidak dalam kondisi baik, maka dapat menimbulkan risiko kecelakaan. Kampas rem pada kendaraan menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Tak hanya pada mobil namun juga kendaraan roda dua seperti motor. Komponen yang berkaitan langsung dengan sistem pengereman ini berfungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban kendaraan dapat berhenti berputar. Tanpa adanya kampas ini, maka pengereman bisa berlangsung atau membutuhkan waktu yang lama sampai akhirnya kendaraan tersebut akan berhenti. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa tips mudah untuk merawat kampas rem pada motor. Yuk kita simak!

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam merawat kampas rem pada motor, yaitu dengan membersihkan kampas rem secara rutin. Untuk membersihkan komponen yang satu ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu membasuhnya dengan air bersih dan memastikan bahwa tidak ada debu, pasir, lumpur atau kotoran lain yang masih menempel. Dengan demikian, kampas rem dapat berfungsi optimal seperti sedia kala.

Cara selanjutnya, Anda harus memastikan ada jarak antara kampas rem dengan piringan cakram. Apabila jarak masih belum sempurna, Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan memutar roda ban motor. Jika kampas rem dan piringan cakram tidak ada jarak, akan terjadi gesekan antara dua komponen tersebut.

Kemudian, Anda harus memastikan bearing atau laher motor untuk selalu terlumasi. Hal ini agar perputaran roda motor akan jauh lebih stabil dan lebih nyaman digunakan saat berkendara.

Tips yang terakhir yaitu, lakukan pengereman secara semestinya, yang dimaksud semestinya disini adalah jangan rem mendadak. Atur jarak berkendara dengan pengendara lain supaya tidak terlalu sering melakukan pengereman dan dapat membuat umur rem menjadi tidak awet. Pada saat melakukan pengereman secara terus-menerus akan dapat mengakibatkan kampas rem mudah terbakar dan pastinya rem menjadi tidak pakem. Dan selalu gunakan kampas rem berkualitas supaya tidak mudah aus.

Baca Juga, Ini Fungsi Kampas Kopling Ganda Pada Motor Matic

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here