Masalah yang sering terjadi pada ban bukan hanya karena bocor akibat tertusuk benda tajam atau ban gundul saja. Jika Anda tidak melakukan perawatan dengan benar, ban benjol bisa saja terjadi. 

Penyebab ban mobil benjol ini dikarenakan putusnya benang ban sehingga tidak ada penahan pada sisi kiri dan kanan ban. Pada saat ban diisi oleh udara maka tekanan tersebut akan menekan karet samping, akhirnya muncul benjolan.

Harga ban yang mahal sering menjadi alasan mengapa pengemudi terus menggunakan ban yang telah benjol. Daripada menunggu ban Anda benjol sebaiknya cegah agar ban tetap awet bebas benjolan. Berikut ini beberapa tips mencegahnya.

Menggunakan Ban yang Berkualitas

Cara pertama adalah menggunakan ban mobil dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik di bengkel resmi untuk memperoleh saran jenis ban yang terbaik. 

Setelah itu pergunakan ban yang orisinil sehingga ketebalan, guratan ban serta ukurannya benar. Anda bisa mengganti ban selalu di bengkel resmi untuk memperoleh suku cadang yang asli. 

Mengisi Angin pada Ban yang Tepat

Pengisian angin pada ban tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika terlalu keras atau justru kurang juga meningkatkan resiko benang ban mudah putus. Cara mengisi yang benar sebenarnya ada aturan yang perlu diikuti. 

Biasanya batas pengisiannya adalah 30 hingga 32 saja. Jika Anda tidak berpengalaman untuk mengisi angin, mintalah bantuan pada mekanik di bengkel resmi atau karyawan SPBU.

Hindari Memuat Banyak Barang

Cara terakhir adalah pastikan muatan barang pada kendaraan tidak berlebihan. Setiap ban mobil memiliki kemampuan untuk menahan tekanan dalam ukuran tertentu. Sebelumnya ban sudah diuji coba pula kekuatannya. 

Ketika Anda memuat barang berlebih, bahkan hampir setiap hari maka kekuatan tekan pada ban sudah melebihi standar wajar. Hal ini akan merusak benang ban dan Anda akan langsung melihat benjolan dalam jangka waktu dekat. 

Setelah mengenali penyebab ban mobil benjol ini sebaiknya Anda tidak melewatkan service rutin mobil. Pada saat service rutin kualitas ban dan masa penggunaannya pun dapat diketahui. 

Baca juga : Jangan Abaikan Perawatan Kampas Rem Pada Motor Anda, Simak Tipsnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here