Setiap bagian pada mobil pastinya memiliki peran penting yang membuat mobil bekerja dengan optimal. Tidak terkecuali juga bagian fog lamp alias lampu kabut yang mempunyai fungsi penting bagi pengendara. Sekilas, komponen satu ini bisa jadi pendongkrak prestise pemilik mobil.

Lampu kabut atau fog lamp sekarang telah menjadi fitur standar pada semua mobil. Sesuai dengan namanya, foglamp memiliki kegunaan yaitu untuk meningkatkan visibilitas pengemudi saat melewati kabut, tidak hanya itu dalam kondisi hujan lebat atau asap, fog lamp juga dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas kendaraan ke depan. Ada dua jenis lampu kabut, yaitu lampu kabut depan dan lampu kabut belakang. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah menyiapkan tips mudah untuk memasang fog lamp pada mobil. Yuk kita simak!

Pada dasarnya, penggunaan foglam ini sudah diatur dalam PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pada Pasal 34 ayat 1 berbunyi kendaraan bermotor dapat dilengkapi dengan lampu kabut yang berjumlah paling banyak 2 buah dipasang di bagian depan kendaraan. Ayat 2 dipertegas dengan persyaratan pemasangan fog lamp, seperti lampu harus dengan cahaya warna putih atau kuning dan titik tertinggi permukaan penyinaran tidak melebihi titik tertinggi permukaan penyinaran dari lampu utama.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memasang fog lamp mobil adalah membeli foglamp sesuai dengan jenis fog lamp mobil Anda. Anda bisa membelinya secara lengkap, beserta kabel set, saklar dan relaynya.

Kemudian, Anda bisa membuka klip bumper yang bisa dijangkau dari sepatbor ban depan. Sebelum itu, jangan lupa memarkir mobil dengan menggunakan rem tangan pada mobil.

Selanjutnya, cari dudukan fog lamp dibawah lampu utama. Anda hanya harus melepas klip penutup dudukan pada fog lamp, lalu memasang fog lamp dan jangan lupa untuk mengencangkannya.

Nah, kemudian Anda harus menyambung kabel ke lampu senja, maka fog lamp akan menyala apabila lampu senja menyala. Lalu, ada juga kabel saklar untuk menyala dan mematikan fog lamp. Urutkan kabel ini dari lampu sampai dasbor di bawah setir, tempat saklar dan sambungan kabel ke lampu senja. Pada listriknya, fog lamp sudah ada soket yang dapat langsung di sambung ke bagian aki. Jika sudah mengikuti langkah –  langkahnya dengan baik, Anda bisa mencoba fog lamp apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Jadi, jangan memasang fog lamp dengan sembrono ya.

Baca Juga, Perlukah Motor Di Pasang Lampu Hazard? Ini Beberapa Penjelasannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here