Vespa Matic merupakan versi modern dari motor vespa klasik. Vespa matic dilengkapi dengan teknologi canggih dan modern. Modelnya dikatakan perpaduan antara desain klasik dan modern yang menjadi daya tarik tersendiri. Sebab itu, belakangan ini vespa mulai populer kembali di kalangan penggemar.

Perawatan vespa matic tentu berbeda dengan perawatan sepeda motor pada umumnya. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa cara mudah untuk merawat vespa matic agar tetap awet. Yuk simak tipsnya!

Tips pertama dalam merawat vespa matic yaitu dengan rutin mengganti oli. Sangat disarankan oli wajib diganti setiap 10.000 kilometer. Namun, bagi kamu yang tinggal di perkotaan dan sering terjebak macet, sebaiknya rutin mengganti oli setiap 3.000 atau 5.000 kilometer yang setara dengan pemakaian 3-4 bulan.

Selain penggunaan oli, perhatikan pula penggunaan penggunaan engine cleaner serta injector cleaner yang cukup berpengaruh bagi umur piston. Hal ini berfungsi merontokkan kerak yang mengendap pada seher dan mesin pada motor. Sehingga, Anda juga harus melakukan servis rutin pada bagian tersebut.

Selanjutnya, saat Anda lebih punya banyak waktu di rumah, pastikan Vespa Anda lebih terawat yaitu dengan mengelap atau mencucinya sendiri. Selain membuat Vespa lebih bersih, Anda akan lebih teliti dalam menemukan kemungkinan kerusakan seperti lecet atau goresan pada bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, atau cairan radiator. Cuci Vespa Anda menggunakan wash mitt atau kain berserat mikro atau kanebo agar tidak menyebabkan goresan pada bodi. Bilas Vespa Anda dengan air mengalir secara perlahan dan dimulai dari bagian atas lalu ke bagian bawah dengan seksama. Selanjutnya bersihkan bagian permukaan mesin, knalpot dan roda. Hati-hati untuk bagian kelistrikan saat mencuci Vespa.

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat vespa matic agar tetap awet yaitu jika ada penggantian komponen, pastikan kamu memilih untuk menggunakan spare part asli. Spare part asli memiliki kualitas yang baik dan disesuaikan dengan kebutuhan dari vespa matic, sehingga keamanannya lebih terjamin.

Jangan menunggu ada masalah serius untuk melakukan perawatan berkala, sebaiknya lakukan perawatan vespa matic sesegera mungkin agar vespa matic kesayangan kamu awet bertahun-tahun dan bisa menemani perjalanan kamu setiap hari.

Baca Juga, Rayakan 10 Tahun Pertamanya, Piaggio Indonesia Merilis Vespa Sprint 150 Edisi Terbatas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here