Jalan tol di Indonesia biasa disebut dengan istilah jalan bebas hambatan. Jalan tol dipakai untuk mempercepat sampai tujuan atau mempersingkat waktu tempuh. Namun tidak semua kendaraan bisa melewati jalan tol. Hanya kendaraan roda empat, seperti mobil, truk, hingga bus yang dapat melewati jalan tol. Kecelakaan di jalan tol sering terjadi, apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. Dimana mengemudi pada saat kondisi hujan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya ada beberapa faktor yang mungkin dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum tips untuk mengantisipasi kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Yuk simak!

Hal yang pertama yaitu, ada baiknya untuk menghindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan jaga mobil agar tetap pada jarak aman pada saat hujan turun agar kamu tetap bisa mengendalikan mobil saat kondisi jalan licin. Cuaca yang buruk dapat mempengaruhi stabilitas Anda dalam berkendara di jalan tol.

Kemudian, sebaiknya tetap berada di lajur kiri, dan tidak terlalu sering berpindah lajur, kecuali untuk mendahului. Lalu, jangan berkendara di bawah kecepatan minimum yakni 60 km/jam atau melebihi kecepatan maksimum yakni 80 km/jam. Jangan lupa untuk menyalakan lampu kecil saat hujan tiba dan mengurangi kecepatan pada permukaan jalan yang basah. Selalu menjaga jarak aman antar kendaraan. Apabila Anda merasa ngantuk dan Lelah, jangan ragu untuk menepikan kendaraan ke rest area.

Selanjutnya yaitu, jangan membuang benda apa pun keluar mobil, seperti sampah makanan karena bisa mengganggu pengguna jalan lain hingga terjadi kecelakaan. Selalu memperhatikan rambu – rambu tol. Kemudian, usahakan untuk tidak menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Bahu jalan hanya digunakan untuk berhenti dalam keadaan darurat.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman mau pun untuk pengemudi, ataupun untuk penumpang belakang. Untuk pengemudi mobil, hidari penggunaan smartphone kecuali digunakan untuk petunjuk jalan. Jika menggunakan maps pun, ada baiknya menggunakan suara agar fokus Anda dalam mengemudi tidak terganggu. Demikian hal yang bisa Anda lakukan dalam mengantisipasi potensi kecelakaan di jalan tol.

Baca Juga, Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memasang Fog Lamp Pada Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here