Jika Anda mengalami mobil tidak bisa distarter atau mogok, jangan khawatir sebab hal ini memang merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada sebuah kendaraan roda empat. Ketika situasi ini terjadi, maka Anda tidak perlu panik. Untuk itu, saat menemukan mobil Anda tidak bisa distarter ada baiknya untuk melakukan pengecekan awal terhadap beberapa komponen mesin. Sebagai pengendara kita perlu memahami berbagai komponen mesin agar mengerti cara merawat mobil dengan baik dan benar. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum beberapa penyebab yang membuat mobil tidak bisa distarter. Yuk simak!

Hal pertama yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter adalah busi pada mobil kotor. Busi yang kotor dan usang adalah kedua faktor yang sering membuat mobil tidak bisa distarter. Setiap mobil hendak distarter, mesin selalu mengandalkan percikan bunga api dari busi itu sendiri. Jadi, bila busi kotor coba bersihkan dengan menyiramkan sedikit bensin lalu gosok dengan sikat hingga kerak atau debunya terpisahkan. Setelah itu semprot besi dengan kompresor dan keringkan.

Selanjutnya, alternator mengalami kerusakan. Tugas utama dari alternator mobil sendiri adalah menghidupkan perputaran arus listrik di mesin mobil. Jadi jika komponen ini rusak, maka mobil tentunya tidak akan menyala. Jika Anda sudah melakukan pengecekan berulang pada aki dan masih mendapati mobil tidak bisa distarter, maka kemungkinan besar alternator mobil Anda rusak.

Kemudian, yang menjadi penyebab selanjutnya yaitu pada bagian dinamo starter. Bagian ini termasuk komponen yang rawan sehingga Anda harus mengeceknya. Karena dinamo memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil, jika mengalami kerusakan maka kendaraan Anda sulit dinyalakan. Perlu diingat juga bahwa dinamo ampere bukan sebuah komponen yang gampang rusak. Artinya apabila komponen ini mengalami penurunan performa bisa dipastikan bahwa usia pakai yang sudah lama merupakan salah satu sebabnya.

Penyebab terakhir yaitu adanya masalah pada koil mobil. Koil yang terlampaui panas tentu wajib diganti dengan koil yang baru. Sebab, koil yang sudah tidak berfungsi dengan baik tidak mampu membuat busi memercikkan api dengan optimal. Sehingga, solusi untuk ini adalah menggantinya dengan koil terbaru.

Baca Juga, Tips Memilih Mobil Yang Nyaman dan Cocok Untuk Keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here