Jok mobil salah satu bagian interior mobil yang menjadi pusat perhatian ketika masuk ke dalam sebuah mobil. Banyak orang yang menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi jok mobilnya. Jok mobil biasanya sudah dibuat sebagaimana mestinya agar membuat pengguna mobil merasa nyaman. Tapi yang harus dingat, tidak selamanya jok mobil akan awet dan tahan lama. Bahan jok mobil sangat dapat mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara ataupun sebagai penumpangnya. Hal itu karena, Anda harus menduduki jok mobil selama durasi perjalanan Anda. Nah, dibawah ini Otodiva.com memiki tips mudah dalam menentukan bahan jok mobil yang nyaman untuk mobil Anda. Yuk simak!

Bahan Jok Kulit Asli
Dengan memilih jok kulit asli pada mobil Anda, akan dapat membuat Anda nyaman. Tidak hanya dari segi kenyamanannya, namun jok kulit ini juga memberikan kesan elegan dan premium dari segi interior. Jok kulit ini bersifat lembut, sehingga dalam membersihkannya harus dengan hati – hati. Anda dapat membersihkan jok mobil sebulan sekali atau ketika ada titik kotor yang perlu dibersihkan. Pastikan untuk menggunakan larutan khusus pada spons atau sikat gigi bekas untuk membersihkan tempat yang kotor pada jok agar tidak merusak kulit. Jangan gunakan pembersih berbasis pemutih atau amonia. Taruh beberapa tetes larutan ke permukaan spons atau kain, kemudian bersihkan permukaan kulit menggunakan spons/kain tersebut.

Bahan Jok Vinyl
Bahan jok vinyl ini sangat tidak disarankan ketika Anda tinggal di daerah terutama bermatahari atau selama musim panas yang panjang di mana matahari sangat terik. Ini karena sifat bahannya yang menyerap panas, terutama ketika warnanya gelap. Tapi, untungnya bahan ini sangat mudah dibersihkan. Ketika terkena kotoran, cukup gunakan vakum atau kain basah untuk menyekanya. Hal lain yang perlu dipertimbangkan, pastikan bahwa opsi material memenuhi kepribadian Anda, jika tidak Anda akan merasa tidak nyaman sepanjang waktu mengendarai mobil.

Bahan Jok Semi Kulit
Bahan jok semi kulit memiliki perbedaan dengan sarung jok paten. Bahan jok semi kulit ini pengaplikasiannya hanya menambahkan sarung jok diatasnya tanpa membuka dan membongkar terlebih dahulu sarung asli bawaan dari mobil baru. Akibatnya, tampilan jok mobil akan terlihat kurang presisi dan kurang rapi. Jahitan pun terasa kurang rapi, bahkan akan mudah tergeser-geser dan tidak menempel 100% pada cover jok asli bawaan dari mobil ketika Anda sedang duduk dan berkendara. Sehingga mengurangi kenyamanan dalam berkendara, dan terlihat seperti tidak menempel dan tidak pas dengan cover-nya. Bahan ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan kulit, sehingga Anda dapat mengharapkan umurlebih lama dari bahan ini.

Bahan Jok Nylon
Bahan jok yang terbuat dari nylon ini hampir sama dengan bahan polyester, keduanya memiliki sifat yang sama yakni mampu menyerap air dengan tingkat yang tinggi sehingga sering sekali debu dan kotoran mengendap dan menimbulkan bekas kotoran pada jok mobil. Menggunakan microfiber merupakan salah satu cara agar kotoran air yang tumpah pada jok langsung terserap sempurna oleh lap microfiber. Karena microfiber pun dibuat dari bahan polyester dan nylon yang memiliki daya serap sangat tinggi. Sehingga ketika air tumpah di jok mobil, air tersebut diserap terlebih dahulu oleh microfiber sebelum ia diserap oleh jok mobil yang berbahan nylon.

Baca Juga, Ingin Modifikasi Jok Mobil? Ketahui Resiko Bahayanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here