Kaca spion merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil Anda. Kaca spion berfungsi untuk memudahkan pengendara melihat kendaraan atau benda dari arah belakang. Secara umum, kaca spion sangat berpengaruh besar dalam hal menghindari kecelakaan dari arah belakang mobil yang di kendarai. Sejalan dengan kecanggihan elektronik kendaraan, mendorong kaca spion mobil sudah bisa digerakan secara otomotis. Dengan menggunakan sistem kelistrikan dari mobil, pengendara mobil tidak perlu menggunakan tangannya untuk menggerakan kaca spion tetapi bisa langsung disetel dengan menekan sebuah tombol di bawah setir mobil. Nah, dibawah ini Otodiva.com telah merangkum cara mudah untuk merawat kaca spion elektrik Anda. Yuk kita simak!

Cara yang pertama yaitu jangan lupa untuk membersihkan kaca spion Anda secara rutin. Terutama ketika musim penghujan datang. Tetesan air hujan yang tersisa dan dibiarkan begitu saja pada spion elektrik bisa menyebabkan kerusakan tersendiri. Mulai dari kotoran hingga karat bisa saja membekas di bagian ini dan kemudian membuat fungsinya tidak bekerja dengan baik. Cara membersihkannya tergolong mudah, hanya dengan menciptarkan air sabun, lalu diamkan dan gosok secara perlahan, hingga debu atau kotoran yang bercampur dengan air hujan tadi menghilang.

Hal paling sering terjadi adalah spion elektrik ternyata tidak bisa digerakkan secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan spion langsung setelah terkena hujan. Kemudian, Anda dapat melakukan menggerakkan bagian mobil ini secara rutin. Bukan untuk dimain-mainkan, namun lebih pada “memanaskan” spion ini. Hal ini bisa kamu lakukan berbarengan ketika memanaskan mobil di pagi hari. Apalagi, jika mobil sudah lama tersimpan dan mulai jarang digunakan. Melatih gerakan spion elektrik saat memanaskan mobil akan mencegah kerusakan pada bagian mobil yang satu ini.

Anda harus menghindari mengoperasikan kaca spion secara paksa atau kasar secara manual. Hal ini dapat merusak bagian mekanisme pada bagian cermin. Untuk yang dilengkapi reractable, hindari melipat cermin secara manual atau paksa, karena selain merusak mekanisme pengaturannya, juga bisa membuat pengaturan elektrikalnya jadi terganggu. Hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi tersebut secara langsung, karena bisa berisiko mengganggu atau bahkan merusak komponen elektrikalnya.

Baca Juga, Ternyata Ini Alasan Kaca Spion Ada Sepasang Pada Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here