Bagi para pecinta hewan, dan sekaligus pemilik hewan peliharaan sering kali perasaan merasa khawatir untuk meninggalkannya dirumah sendirian dalam waktu yang sedikit lama. Sekalipun hal itu dititipkan di tempat penitipan yang dianggap aman. Sehingga, mengharuskan untuk membawanya. Sebenarnya sangat dibolehkan jika ingin membawa hewan peliharaan saat bepergian dengan mobil. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Nah, dibawah ini Otodiva.com memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan jika berkendara sambal membawa hewan peliharaan. Yuk kita simak!

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu dengan tidak menempatkan hewan peliharaan Anda di kursi depan. Sebab, apabila terjadi kecelakaan, hewan peliharaan Anda juga dapat terlempar dari kursi meskipun mereka dapat dikendalikan, selain itu mereka juga berpotensi terluka jika airbag penumpang mengembang. Berikan ruang khusus bagi anjing atau kucing untuk kenyamanan mereka plus kenyamanan orang-orang di kabin. Jika memungkinkan, posisikan hewan-hewan di baris ketiga dan gunakan pet carrier atau cargo barrier. Pertimbangkan membeli cargo tray demi melindungi lantai bagasi.

Kemudian, jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi bagi hewan peliharaan, khususnya makanan dan minuman khusus. Siapkan juga kalung identitas bagi mereka berisi nama dan kontak Anda. Bawakan pula barang kesayangan hewan atau mainan seperti chew toy (bagi anjing) yang dapat berguna jika sang hewan resah dalam perjalanan. Untuk kucing, perlu dibiarkan untuk melakukan cheek rub pada mobil serta menebarkan aromanya agar lebih familiar dengan lingkungan.

Hal terakhir yang paling penting untuk diperhatikan yaitu, hindari membuka jendela mobil. Insting anjing yang kadang tak bisa dibendung membuat mereka lompat keluar dari jendela yang terbuka, tak hanya anjing kesayangan anda yang terluka tetapi juga mengganggu pengendara lain termasuk berpotensi tabrakan. Bahkan jika anjing terikat pun ini bukan ide yang baik, debu atau serpihan puing dapat mencederai mata mereka atau kemungkinan kebutaan. Begitu juga dengan kucing atau hewan peliharaan lainnya. Dan harus dipastikan, hewan peliharaan yang Anda ajak sudah mendapatkan vaksinaksi dasar atau vaksinaksi tambahan demi melindungi mereka dari paparan penyakit selama perjalanan.

Baca Juga, Tips Untuk Membawa Anjing Anda Liburan Tetap Aman di Dalam Mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here