Hagglund milik Palang Merah Indonesia (PMI) diturunkan ke lokasi erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. PMI mendapatkan perintah langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla untuk menurunkan kendaraan tersebut dalam membantu proses evakuasi. Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI memberangkatkan dua unit kendaraan Hagglund ke Lumajang, pada minggu 5 Desember 2021 malam dari Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Dua unit Hagglund tersebut  diperkirakan akan tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang pada Senin, 6 Desember 2021, siang. Di bawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang, rencananya Hagglund akan menjalankan operasi pencarian korban.

PMI Lumajang akan menempatkan kedua Hagglund di dua posisi yang berbeda. Satu unit akan berada di posisi akses menuju kecamatan Candipuro dan satu unit lagi berada di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati kecamatan Ampelgading Kabupaten malang. Kedua unit tersebut berada di dua sisi Jembatan Gladak Perak Desa Curah Kobokan Kecamatan Candipuro Lumajang yang terputus akibat diterjang lahar dingin letusan dari Gunung Semeru.

Kendaraan Hagglund PMI sudah dipercaya dalam menangani proses evakuasi darurat korban akibat dari letusan gunung diantaranya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, erupsi Gunung Sinabung tahun 2013, dan saat ini erupsi Gunung Semeru tahun 2021. Ketangguhan yang dimiliki oleh Hagglund akan sangat membantu dalam proses evakuasi.

Kendaraan yang dimiliki oleh PMI ini memiliki bentuk seperti mobil salju. Rodanya menggunakan rantai layaknya tank sehingga dapat melalui semua medan perjalanan. Kemudian, kendaraan ini juga mampu melewati sungai dengan kecepatan 4,7 km per jam. Hagglund juga dapat melintasi jalur yang panas akibat dari abu vulkanik erupsi dengan suhu sampai 60 deajat celcius.

Kendaraan Hagglund terdiri dari dua bagian yakni dapat menampung 6 penumpang di bagian kompartemen depan dan 11 penumpang di bagian trailer belakang sehingga secara total  ia mampu menampung 17 orang. Hagglund memiliki total daya angkut mencapai 2,250 kg dan trailer 2.500 kg dengan dimensi yang cukup luas, memiliki spesifikasi panjang 6,9 meter, lebar 1,87 m dan tinggi 2,4 m. Hagglunds dibekali dengan mesin Ford Cologne V6 berkapasitas 2,8 liter terintegrasi dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan milik Mercedes-Benz W 4A-018.

Semoga bencana ini dapat segera berhenti dan para korban dapat dievakuasi dengan segera ya Paradiva!

Baca Juga, KENDARAAN KOMERSIAL DAN SUPPORTING RAMAIKAN AJANG GIIAS 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here