Perusahaan ban global Hankook Tire menjadi produsen industri ban pertama yang meraih International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) Plus atau Sertifikasi Sustainabilitas dan Karbon Internasional. Sertifikasi bergengsi merupakan pengakuan atas penerapan prinsip berkelanjutan di seluruh lini rantai pasok, mulai dari sumber bahan baku renewable hingga hasil produk yang berkelanjutan.

Prestasi Hankook dengan ISCC PLUS menjadi istimewa karena atribut-atribut yang melatarbelakangi pemberian sertifikasi ini. ISCC PLUS adalah sebuah program sertifikasi keberlanjutan internasional untuk bahan baku berdasarkan bio dan sirkular (daur ulang) dibawah European Renewable Energy Directives (EU RED) yang mengevaluasi inisiatif keberlanjutan perusahaan dari bahan baku, proses manufaktur, dan hasil akhir produk.

ISCC berafiliasi dengan 130 produsen bahan baku sustainabilitas, NGO, dan institusi penelitian di seluruh dunia sebagai anggota, juga sebagai institusi paling diandalkan dalam bidang sertifikasi ramah lingkungan dengan standar penyaringan transparan dan prosedur sertifikasi yang cukup ketat.

Pabrik Geumsan milik Hankook Tire meraih sertifikasi ISCC PLUS lewat upaya tandemnya mengganti minyak berbasis petroleum (minyak bumi) dengan minyak alami, begitu juga dengan mengadopsi polimer berbasis bio yang bisa diperbaharui dari karet sintetis berbasis petrokimia.

Mengenai penggunaan minyak alami, sertifikasi tiap proses penting untuk dimiliki, mulai dari sumber bahan baku alami, pengilangan, dan produksi yang memenuhi syarat. Biopolimer, tak seperti proses pembuatan produk kimia konvensional, yaitu menggunakan sedikit minyak bumi dan dikompensasi dengan minyak daur ulang, seperti minyak untuk memasak. Proses pemanasan minyak non-petroleum tersebut akan membantu mengurangi emisi karbon.

Proses kompleks dimana Hankook Tire meraih sertifikasi keberlanjutan untuk bahan baku terwujud lewat hadirnya ban ramah lingkungan Kinergy 4S 2 all-weather untuk mobil penumpang dan Kinergy 4S 2X untuk SUV.

Kinergy 4S 2 dan Kinergy 4S 2X mengusung performa yang meningkat dibanding pendahulunya dengan menonjolkan kualitas terbaik dari bahan baku yang unik ini. Karet yang terbuat dari minyak alami mempertahankan ciri khas bahan pada temperatur rendah, sehingga meningkatkan kinerja pengendara dalam kondisi jalanan bersalju.

Fitur istimewa tersebut mengantarkan Hankook Tire menjadi Manufacturer of the Year 2021 dalam kategori ban all-season dari majalah Auto Bild. Hal ini sejalan dengan ban mobil penumpang Hankook Kinergy 4S 2 all-season yang dinobatkan sebagai pemenang dalam uji ban utama Auto Bild Allrad.


“Kami merasa terhormat untuk menerima penghargaan tinggi dari ISCC untuk komitmen kami dalam menjadi standar emas dalam aspek keberlanjutan,” ucap Sooil Lee, Presiden dan CEO Hankook Tire & Technoloogy. “Sertifikasi ini mencerminkan fokus kami dalam meningkatkan segala aspek bisnis kami agar berdampak positif bagi bumi, masyarakat, dan juga hidup kita.”

Baca juga : Tips Mudah Dalam Menentukan Bahan yang Nyaman Pada Jok Mobil Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here