Honda Motor Co, Ltd semakin gencar melakukan pengembangan pada teknologi keselamatan yang canggih untuk produk-produk kendaraanya di masa depan secara global pada tahun 2050. Honda memperkenalkan dua teknologi utama dalam sistem keselamatan saat berkendara yakni, Intelligent Driver-Assistive Technology yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan juga Safe and Sound Network Technology.

Demi mewujudkan keselamatan masyarakat dari risiko kecelakaan lalu lintas, hal ini tentu saja sangat penting. Pengembangan teknologi ini adalah salah satu langkah komitmen yang di lakukan oleh Honda untuk 0 kematian karena kecelakaan di lalu lintas pada saat berkendara.

Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence (AI), fitur keselamatan Intelligent Driver-Assistive Technology ini dapat membantu pengemudi untuk mengurangi kesalahan manusia dan berkendara dengan lebih aman. Teknologi ini menggunakan sensor Advanced Driver-Assistance System (ADAS) dan fitur kamera untuk dapat mengenali potensi dan risiko yang ada di sekitar kendaraan. Teknologi Aritifical Intelligence ini juga akan mendeteksi dengan sendirinya pada saat adanya kemungkinan yang akan terjadi dan akan menawarkan bantuan yang sesuai dengan situasi lalu lintas dari setiap pengemudi.

Safe and Sound Network Technology, merupakan fitur utama kedua yang dikenalkan oleh Honda. Fitur ini akan menghubungkan pengguna jalan, sehingga dapat memungkinkan untuk meprediksi potensi risiko yang dapat terjadi dan juga membantu orang tersebut menghindari risiko yang ada sebelum kecelakaan benar-benar terjadi.

Honda mengembangkan tiga teknologi baru secara Cognitive Assist yang juga akan menggunakan Artificial Intelligence (AI) yakni Risk Indicator, 3D Audio, dan Seatbelt Control. Teknologi Risk Indicator adalah lampu yang dapat memberi informasi kepada pengemudi akan adanya kemungkinan terjadi risiko kecelakaan. Melalui indicator ini, pengemudi dapat mengetahui bahaya yang ada di sekitarnya meskipun terhalang oleh kendaraan ataupun objek.

3D Audio merupakan teknologi yang akan memberikan tiga bunyi dimensional ke telinga pengemudi untuk sebuah peringatan pada saat ada kendaraan yang melaju dari sisi kiri maupun kanan. Seatbelt Control adalah teknologi yang paling menarik karena dapat mengatur tegangan yang ada pada sabuk pengaman dan memperkuatnya saat risiko kecelakaan terdeteksi. Teknologi terakhir adalah Wakefulness Assist yang bisa membantu pengemudi agar tetap terjaga pada saat mengemudi.

Baca Juga, Tagih Janji Honda Setelah Pensiun Moto GP, Valentino Rossi Ingin Motor NSR500 Kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here