Seiring perkembangan zaman, ban mobil semakin ditingkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Karena itu memilih merek ban mobil terbaik merupakan satu hal penting untuk dilakukan.

Secara umum, ban mobil sangat memengaruhi performa kendaraan. Berbagai merek ban mobil pun berlomba-lomba untuk memproduksi ban mobil dengan spesifikasi tertentu. Mulai dari meningkatkan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil. 

Memilih ban mobil harus lebih teliti agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Ada beberapa tips yang bisa Sahabat lakukan sebelum membeli ban mobil. 

Pilih yang sesuai dengan tipe mobil

Setiap mobil punya tipe dan ukuran bawaan ban. Tipe ban mobil itu biasanya tertulis pada bagian plakat laci atau pintu mobil, tergantung jenisnya. Rekomendasi bawaan pabrik itu bisa jadi patokan biar ban mobil yang dibeli sesuai. 

Sesuaikan dengan ukuran ban mobil

Syarat paling penting dalam memilih ban mobil adalah soal ukurannya. Sebagai pemilik mobil, Sahabat harus paham tentang hal ini. Setiap ban mobil biasanya juga disertai beberapa kode di samping yang merupakan informasi tentang ukuran ban. 

Pilih ban yang lebarnya sesuai 

Lebar ban sangat berpengaruh pada performa mobil, kecepatan hingga daya cengkram saat pengereman. Tapi, lebarnya pun harus disesuaikan dengan ukuran velg mobil. Jangan sesekali mengubah atau memodifikasi mobil di luar ketentuan yang tertulis di petunjuk penggunaan, sebab jika ban dan velg mobilnya berubah, justru bisa memengaruhi performa mobil hingga terjadi ketidaksesuaian dengan kapasitas mesin. 

Pola tapak dan ketebalan ban

Pola tapak ban sangat memengaruhi manuver dan akselerasi mobil. Jika gesekannya kecil, maka risiko untuk tergelincir di jalan akan lebih besar. Dampak terburuknya, bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. 

Memilih tapak ban mobil dengan alur V merupakan yang terbaik. Tapak ban dengan alur V dianggap memiliki daya gesek yang tinggi terhadap permukaan jalan, sehingga traksi mobil jadi lebih baik. 

Baca juga : Hyundai Perkuat Jaringannya di Bogor melalui Peresmian Hyundai Sholeh Iskandar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini