Hayo Paradiva yang suka dengan motor skutik retro, pasti sudah tidak asing dengan merk motor Piaggio dan Vespa kan! Tapi tau gak sih, kalau kedua merk motor ini berbeda lho Paradiva! Sulit untuk membedakannya? Yuk, kita simak perbedaan dari kedua merk motor ini.

Dikenal dengan desain skuternya yang ikonik dan klasik serta identik dengan nuansa Italia, keduanya kerap dianggap brand yang sama oleh sebagian orang. Hal yang membuat keduanya sekilas sama terletak pada bagian dari wujud motornya itu sendiri. Tidak heran jika orang-orang sangat sulit membedakan kedua motor tersebut. Jika di lihat secara lebih rinci, kedua merk ini memanglah berbeda, meski serupa tapi sebenarnya tidak sama.

Vespa adalah salah satu brand dari perusahaan yang menginduk ke Piaggio yang berada di negara Italia. Sementara Piaggio, selain memiliki brand Vespa, juga punya merek lain, dan salah satunya Piaggio itu sendiri. Bisa dikatakan bahwa Piaggio adalah ibu dari Vespa.

Vespa juga disebut sebagai merek yang cukup konsisten untuk menghadirkan desain klasik yang sangat kental dan terus di pertahankan dari tahun ke tahun. Hal ini karena Vespa menjunjung asas “sejarah”. Maka dari itu, tidak heran jika melihat varian vespa yang bentuknya hampir mirip.

Sedangkan Piaggio lebih memilih untuk mengikuti perkembangan Zaman. Meski lebih memilih untuk mengikuti perkembangan zaman, Piaggio tetap memiliki identitas sebagai motor dari Italia. Piaggio juga selalu menghadirkan desain yang terus berinovasi sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.

Perbedaan lainnya dari kedua merk motor ini adalah Piaggio dan Vespa memiliki perbedaan yang cukup mendasar yaitu terdapat di bagian velg roda motor. Velg Piaggio memiliki ukuran lebih besar sekitar 14 – 16 inci sedangkan Vespa memiliki pelek berukuran lebih kecil sekitar 10 – 12 inci.

Tak hanya terdapat di velg, suspensi antara Vespa dan Piaggio pun juga berbeda. Vespa memilih suspensi dengan model lengan tunggal, sedangkan Piaggio menggunakan suspensi teleskopik ganda.

Baca Juga, Khusus Para Pengguna Vespa Matic, Ketahui Cara Mudah Merawatnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here