Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya menyebutkan bahwa telah terjadi insiden kecelakaan seorang pengendara motor yang meninggal dunia akibat tertimpa pohon tumbang di Jalan Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12). Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 15.00 WIB.

BPBD menyebutkan, petugas Pemadam Kebakaran dan Suku Dinas Kehutanan setempat langsung merespon kejadian tersebut dan mengevakuasi pohon tumbang selama sekitar satu jam lebih. Berdasarkan data yang dihimpun, selain mengakibatkan seorang pengendara motor meninggal dunia, pohon tersebut juga menimpa salah satu mobil yang berada di area lokasi kejadian hingga mengalami kerusakan yang parah.

Korban meninggal dunia di tempat akibat tertimpa pohon palem besar yang tumbang akibat tertiup angin kencang.”Korban tertimpa pohon. Satu orang meninggal dunia seorang pengemudi motor atas nama Panduwinata usia 36 tahun,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan Herbert P. Lumban Gaol dikutip Antara.

Korban merupakan warga Jatirahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi. “Untuk korban meninggal setelah ditangani dari pihak Kepolisian, dibawa menggunakan ambulans petugas ke Rumah Sakit Pondok Indah,” ujar dia.

Terkait peristiwa tersebut, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memberikan sejumlah saran guna menghindari adanya potensi bahaya yang bisa saja terjadi akibat dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

“Kita bisa memantau kondisi dan cuaca menggunakan smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang atau cuaca buruk lainnya, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

“Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik ataupun billboard yang terpasang di pinggir jalan,” Lanjut Jusri.

Jusri turut mengingatkan, waspada akan bahaya semacam itu bukan hanya dilakukan saat musim penghujan saja, tapi setiap hari. Sebab risiko objek jatuh menimpa tidak hanya disebabkan faktor cuaca, banyak faktor yang bisa mempengaruhi.

Jika sudah terlanjur melakukan perjalanan lalu menghadapi cuaca hujan berangin, disarankan untuk lebih memilih berteduh terlebih dahulu dan tidak memaksakan berkendara di cuaca yang berbahaya. Pemilihan tempat berteduh pun juga harus diperhatikan.

Pilihlah lokasi berteduh yang memiliki konstruksi bangunan yang kuat dan kokoh. Contohnya seperti ruko atau minimarket. Hindari pohon, lampu penerangan jalan, atau bangunan yang terlihat konstruksinya kurang kokoh guna menghindari risiko tertimpa dari hal tersebut.

Baca Juga, Polisi Kena Keroyok Di Pondok Indah Usai Bubarkan Aksi Balap Liar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here